Pengaruh Strategi Pembelajaran CTL Terintegrasi Eksperimen dan Motivasi Belajar Peserta Didik Terhadap Peningkatan Hasil Belajar IPA Kelas V SD di Kecamatan Ciambar Kabupaten Sukabumi
Main Author: | Suryanto, Anton |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2019
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.ut.ac.id/8789/1/43729.pdf http://repository.ut.ac.id/8789/ http://repository.ut.ac.id |
Daftar Isi:
- Penelitian Eksperimen ini bertujuan untuk membandingkan penggunaan strategi pembelajaran CTL terintegrasi eksperimen dan motivasi belajar terhadap hasil belajar IPA kelas V SD di Kecamatan Ciambar Kabupaten Sukabumi. Sampel dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas V SDN Kecamatan Ciambar Sukabumi sebanyak 254 orang. Pengambilan sampel menggunakan teknik multigstage random sampling. Metode yang di gunakan dalam penelitian ini adalah eksperimen, dengan desain treatment by level 2x2. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan sampling Purposive. Hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi CTL terintegrasi eksperimen dan motivasi belajar berpengaruh positif terhadap hasil belajar IPA peserta didik kelas V SD. Hasil ini menunjukkan bahwa strategi CTL terintegrasi eksperimen dapat dijadikan sebagai salah satu upaya dalam mengembangkan kemampuan belajar IPA kelas V SD. Oleh karena itu guru perlu mengetahui kemampuan dan kebutuhan yang bervariasi dalam memberikan pembelajaran untuk dapat meningkatkan basil belajar IPA kelas V SD dalam hal ini pada poko bahasan fotosintesis.