Pengaruh Strategi Pembelajaran (STAD VS Konvensional) dan Gaya Belajar (Auditorial VS Kinestetik) Terhadap Hasil Belajar IPA Siswa Kelas IV SD Negeri Purwaraja 1 Kecamatan Menes Kabupaten Pandeglang Provinsi Banten

Main Author: Hamdah,
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2019
Subjects:
Online Access: http://repository.ut.ac.id/8764/1/43776.pdf
http://repository.ut.ac.id/8764/
http://repository.ut.ac.id
Daftar Isi:
  • Telah dilakukan penelitian mengenai pengaruh strategi pembelajaran kooperatif tipe Student Team Achievement Division (STAD vs Konvensional) dan gaya belajar (Auditorial vs Kinestetik) terhadap hasil belajar IPA. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan strategi pembelajaran tipe (STAD vs Konvensional) dan gaya belajar (Auditorial vs Kinestetik) dalam meningkatkan hasil belajar IPA pada siswa kelas IV SD Negeri Purwaraja 1 Kecamatan Menes. Data diperoleh dengan melakukan observasi dan tes dan kuesioner. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan strategi pembelajaran tipe STAD terbukti sangat berpengaruh dalam meningkatkan hasil belajar IPA pada siswa kelas IV SD Negeri Purwaraja I Kecamatan Menes dengan nilai rata-rata kelas eksperimen (86,67) lebih besar dibandingkan kelas konvensional (70,00). Penggunaan gaya belajar terbukti sangat berpengarauh dalam meningkatkan hasil belajar IPA pada siswa kelas IV SD Negeri Purwaraja I Kecamatan Menes dengan nilai rata rata kelas eksperimen (80,00) lebih besar dibandingkan kelas konvensional (70,00). Dan pengunaan strategi pembelajaran tipe STAD dan gaya belajar terbukti sangat berpengaruh dalam meningkatkan hasil belajar IPA pada siswa kelas IV SD Negeri Purwaraja 1 Kecamatan Menes dengan nilai rata-rata kelas eksperimen (90,00) lebih besar dibandingkan kelas konvensional (80,00).