Profil Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa Sekolah Menengah Pertama Ditinjau dari Tingkat Kecemasan Matematika dan Gender

Main Author: Pratiwi, Disti
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2019
Subjects:
Online Access: http://repository.ut.ac.id/8761/1/43746.pdf
http://repository.ut.ac.id/8761/
http://repository.ut.ac.id
Daftar Isi:
  • Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan kemampuan berpikir kreatif siswa SMP ditinjau dari tingkat kecemasan matematika dan gender. Aspek kemampuan berpikir kreatif yang digunakan pada penelitian ini adalah kefasihan, fleksibilitas, dan kebaruan. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptifkualitatif. Instrumen yang digunakan berupa soal open-ended yang terdiri dari soal ajabar dan geometri, angket kecemasan matematika, dan pedoman wawancara. Penelitian dilakukan di kelas IX E SMPI Al Azhar 12 Rawamangun Jakarta. Subjek penelitian ini terdiri dari empat siswa, yaitu siswa laki-laki berkecemasan matematika rendah, siswa perempuan berkecemasan matematika rendah, siswa laki-laki berkecemasan matematika sedang, dan siswa perempuan berkecemasan matematika sedang. Hasil angket kecemasan matematika menunjukkan bahwa siswa kelas IX E tidak ada yang memiliki kecemasan matematika tinggi. Terdapat perbedaan keterpenuhan aspek berpikir kreatif ditinjau dari perbedaan tingkat kecemasan dan gender. Siswa dengan kecemasan matematika rendah memenuhi aspek kefasihan, fleksibilitas, dan kebaruan baik pada soal aljabar, maupun soal geometri. Siswa dengan kecemasan matematika sedang memenuhi aspek kefasihan dan fleksibilitas baik pada soal aljabar, maupun soal geometri. Siswa perempuan memenuhi aspek kefasihan, fleksibilitas, dan kebaruan baik pada soal aljabar maupun geometri. Siswa laki-laki memenuhi aspek kefasihan dan fleksibilitas pada soal aljabar, sedangkan aspek yang terpenuhi pada soal geometri adalah kefasihan, fleksibilitas, dan kebaruan.