Pengaruh Model Pembelajaran Kontekstual Learning dan Motivasi Belajar Terhadap Hasil Belajar IPA Siswa Kelas V SD Negeri 070981 Fodo
Main Author: | Harefa, Desnilam Kurniawati |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2019
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.ut.ac.id/8754/1/43742.pdf http://repository.ut.ac.id/8754/ http://repository.ut.ac.id |
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (I) pengaruh model pembelajaran kontekstual terhadap hasil belajar; (2) pengaruh motivasi belajar tinggi terhadap hasil belajar; (3)pengaruh motivasi belajar rendah terhadap hasil belajar; dan (4)pengaruh interaksi antara model pembelajaran dan motivasi belajar terhadap hasil belajar. Penelitian ini dilaksanakan di Sekolah Dasar Negeri 070981 Fodo.Populasi penelitian seluruh siswa di kelas V sebanyak 82 siswa, sampel penelitian sebanyak 70 siswa yang terdiri dari 35 siswa dari kelas V Adan 35 siswa dari kelas V B. Metode penelitian menggunakan metode quasi eksperimen dengan desain factorial 2x2. Teknik analisis data menggunakan anava pada siginifikansi alpa 0,05. Hasil penelitian menunjukkan bahwa; (l)terdapat pebedaan pengaruh antara model pembelajaran kontekstual dan konvensioanal terhadap hasil belajar siswa; (2) terdapat perbedaan pengaruh antara model pembelajaran kontekstual dan konvensional terhadap hasil belajar siswa yang memiliki motivasi belajar tinggi; (3) terdapat perbedaan pengaruh antara model pembelajaran kontekstual dan konvensional terhadap hasil belajar siswa yang memiliki motivasi belajar rendah; dan (4) terdapat interaksi antara model pembelajaran dan motivasi belajar terhadap hasil belajar. Model pembelajaran kontekstual lebih baik digunakan untuk meningkatkan hasil belajar IPA siswa dari pada model konvensional.