Pengaruh Model Pembelajaran Kontekstual Learning dan Motivasi Belajar Terhadap Hasil Belajar IPA Siswa Kelas V SD Negeri 070981 Fodo

Main Author: Harefa, Desnilam Kurniawati
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2019
Subjects:
Online Access: http://repository.ut.ac.id/8754/1/43742.pdf
http://repository.ut.ac.id/8754/
http://repository.ut.ac.id
Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (I) pengaruh model pembelajaran kontekstual terhadap hasil belajar; (2) pengaruh motivasi belajar tinggi terhadap hasil belajar; (3)pengaruh motivasi belajar rendah terhadap hasil belajar; dan (4)pengaruh interaksi antara model pembelajaran dan motivasi belajar terhadap hasil belajar. Penelitian ini dilaksanakan di Sekolah Dasar Negeri 070981 Fodo.Populasi penelitian seluruh siswa di kelas V sebanyak 82 siswa, sampel penelitian sebanyak 70 siswa yang terdiri dari 35 siswa dari kelas V Adan 35 siswa dari kelas V B. Metode penelitian menggunakan metode quasi eksperimen dengan desain factorial 2x2. Teknik analisis data menggunakan anava pada siginifikansi alpa 0,05. Hasil penelitian menunjukkan bahwa; (l)terdapat pebedaan pengaruh antara model pembelajaran kontekstual dan konvensioanal terhadap hasil belajar siswa; (2) terdapat perbedaan pengaruh antara model pembelajaran kontekstual dan konvensional terhadap hasil belajar siswa yang memiliki motivasi belajar tinggi; (3) terdapat perbedaan pengaruh antara model pembelajaran kontekstual dan konvensional terhadap hasil belajar siswa yang memiliki motivasi belajar rendah; dan (4) terdapat interaksi antara model pembelajaran dan motivasi belajar terhadap hasil belajar. Model pembelajaran kontekstual lebih baik digunakan untuk meningkatkan hasil belajar IPA siswa dari pada model konvensional.