Pengaruh Model Pembelajaran Numbered Heads Together (NHT) Terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Materi Pembelajaran IPA Ditinjau dari Motivasi Belajar Siswa Kelas V SD Negeri Sekecamatan Jabung

Main Author: Sumedi,
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2019
Subjects:
Online Access: http://repository.ut.ac.id/8733/1/43874.pdf
http://repository.ut.ac.id/8733/
http://repository.ut.ac.id
Daftar Isi:
  • Penelitian ini merupakan penelitian quasi eksperimen yang bertujuan untuk rnemperoleh informasi tentang pengaruh model NHT terhadap kemarnpuan pemahaman konsep rnateri pelaran IPA di tinjau dari motivasi belajar siswa. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa SD kelas V sekecamatan Jabung, dengan sampel penelitian terdiri dari dua kelas. Kelas eksperirnen adalah kelas yang belajar materi IPA menggunak:an model NHT dan kelas kontrol adalah kelas yang belajar materi IPA menggunakan model Direct Instruction (DI). Instrument yang diguanakan dalam mengumpulkan data kemampuan pemahaman konsep materi IPA adalah bentuk tes uraian dan untuk motivasi belajar menggunakan angket. Data hasil tes dianalisis secara kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) terdapat perbedaan kemampuan pemahaman konsep peserta didik antara kelas yang menggunakan model pembelajaran Numbered Head Together dengan kelas yang menggunakan model Direct Intruction, (2) terdapat perbedaan kemampuan pemahaman konsep peserta didik antara kelas yang menggunakan model pembelajaran Numbered Head Together pada peserta didik yang memiliki Motivasi belajar tinggi, sedang, dan rendah, dan (3) tidak terdapat interaksi antara penggunaan model pembelajaran Numbered Head Together dengan Motivasi belajar terhadap kemampuan pemahaman konsep peserta didik.