Analisis Kinerja Pelayanan Publik pada Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Kabupaten Sukamara

Main Author: Setiawan, Heru
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: ind
Terbitan: , 2019
Subjects:
Online Access: http://repository.ut.ac.id/8710/1/43775.pdf
http://repository.ut.ac.id/8710/
http://repository.ut.ac.id
Daftar Isi:
  • PDAM Kabupaten Sukamara merupakan perusahaan yang bergerak di bidang jasa penyediaan air bersih. Salah satu tujuan dibentuknya PDAM adalah mencukupi kebutuhan masyarakat akan air bersih, meliputi penyediaan, pengembangan pelayranan sarana dan prasarana serta distribusi air bersih, sedang tujuan lainnya adalah ikut serta mengembangkan perekonomian guna menunjang pembangunan daerah dengan memperluas lapangan pekerjaan, serta mencari laba sebagai sumber utama pembiayaan bagi daerah. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji kinerja pelayanan publik pada Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Kabupaten Sukamara serta mengkaji faktor pendukung dan penghambat kinerja pelayanan publik tersebut. PDAM Sukamara dalam memberikan pelayanannya kepada masyarakat sudah cukup baik yaitu sesuai dengan prinsip-prinsip yang tertuang dalam Kepmenpan No.:KEP/25/M.PAN/2/2004 tentang Pedoman Umum Penyelenggaraan Pelayanan Publik. Selanjutnya saran yang dapat dikemukakan dalam tesis ini adalah peningkatan kualitas SDM melalui pelatihan yang berkaitan dengan pelayanan publik serta sosialisasi mengenai biaya pendaftaran dan biaya denda kepada masyarakat luas.