Perbedaan Peningkatan Hasil Belajar Siswa Kelas V Sekolah Dasar pada Pembelajaran Matematika dengan Menggunakan Metode Student Team Achievement Division (STAD), Team Assisted Individualization (TAI) dan Konvensional di Kecamatan Cidaun Kabupaten Cianjur

Main Author: Mulyani, Herni Siti
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2019
Subjects:
Online Access: http://repository.ut.ac.id/8706/1/43774.pdf
http://repository.ut.ac.id/8706/
http://repository.ut.ac.id
Daftar Isi:
  • Keberhasilan proses belajar mengajar terletak pada upaya peningkatan kualitas proses pembelajaran itu sendiri dan peningkatan kualitas output dalam bentuk nilai yang dicapai oleh anak didik. Proses pembelajaran yang kurang maksimal dapat menyebabkan kemampuan yang kurang maksimal. Proses pembelajaran yang kurang maksimal dapat menyebabkan kemampuan yang kurang maksimal. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui perbedaan peningkatan hasil belajar matematika siswa yang memperoleh pembelajaran dengan metode STAD, pembelajaran dengan metode TAI dan pembelajaran dengan metode konvensional. Populasi penelitian adalah siswa kelas V Sekolah Dasar Negeri di Kccamatan Cidaun Kabupaten Cianjur. Sampel ditentukan dari setiap sekolah dengan teknik Random Sampling. Metode penelitian berbentuk eksperimen dengan menggunakan dua kelas eksperimen dan satu kelas kontrol. Data di Japangan diperoleh dengan menggunakan tes yang disusun berdasarkan indikator-indikator variabel hasil belajar rnatematika materi pecahan. Teknik ana!isis data menggunakan uji validitas, reliabilitas, normalitas, dan selanjutnya uji-t dan Anova satu jalur. Berdasarkan analisis data, dapat disimpulkan bahwa pertama, hasil uji t hitung (3,549) > t tabe! (1,684) maka terdapat perbedaan peningkatan hasil belajar matematika siswa dengan pembelajaran STAD dan Konvensional, kedua hasil uji t hitung (4,761) > t tabcl (1,684) maka terdapat perbedaan peningkatan basil belajar mate1natika siswa dengan pembelajaran metodc TAI dan pembelajaran konvensional, ketiga hasil uji t hitung (6,391) > L tabcl (1,684) maka terdapat perbedaan peningkatan basil belajar matematika siswa yang be la jar dengan metode STAD dan pembelajaran TAI, dan keempat hasil uji Anova diperoleh sig. 0,00 < 0,05 maka terdapat perbedaan peningkatan basil belajar matematika siswa yang memperoleh pembelajaran dengan metode STAD, TAI, dan konvensional.