Analisis Penerapan Pendekatan Saintifik Kurikulum 2013 Kelas VI Tema Tujuh Pada Pembelajaran Kepemimpinan Disekitarku di SDN Jatisari Kecamatan Arjasa Kabupaten Situbondo

Main Author: Kusumah, Akika Wira Abdi
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2018
Subjects:
Online Access: http://repository.ut.ac.id/8693/1/43723.pdf
http://repository.ut.ac.id/8693/
http://repository.ut.ac.id
Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penerapan perencanaann pembelajaran, pelaksanaan pembelajaran, peniliaian pembelajaran. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif field research (penelitian lapangan). pendekatan dalarn penelitian ini adalah pendekatan naturalistik, Subjek penelitian adalah kepala sekolah dan guru kelas enam pada pembelajan kepemimpinan disekitarku.Objek dalam penelitian ini adalah kegiatan penerapan pendekatan saintifik kurikulum 2013. Hasil analisis data menunjukkan bahwa penerapan pendekatan saintifik kurikulum 2013 Kepemimpinan disekitarku di SDN 5 Jatisati Kecamatan Arjasa Kabupatan Situbondo, berjalan dengan baik. Perencanaan pembelajaran guru tidak menyusun sendiri namun disusun secara kelompok di KKG dengan mengkaji dari silabus dan buku guru, dalarn pelaksanaan pembelajaran guru sudah menerapkan pendekatan saintifik yaitu mengamati, menanya, mengumpulkan informasi/mencoba, mengasosiasi/menalar, dan mengkomunikasikan. Namun pelaksanaan pembelajaran belum maksimal, guru juga melakukan penilaian autentik yang menjadi ciri khas penerapan pendekatan saintifik kurikulum 2013 meski kegiatan penilaian tidak berjalan maksimal.