Paradigma Filsafat Model Konsep Pengembagan Kurikulum Pedoman Guru Dalam Mendesain Implementasi Pembelajaran Penjaskes

Main Author: B., M. Jafar
Format: Article PeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: UPT.Mata Kuliah Umum Universitas Negeri Makassar , 2010
Subjects:
Online Access: http://repository.ut.ac.id/8631/1/L0069-19.pdf
http://repository.ut.ac.id/8631/
Daftar Isi:
  • Pendidikan adalah usaha sadar dan terencana untuk mewujudkan suasana belajar dan proses pembelajaran agar peserta didik secara aktif mengembangkan dirinya untuk memiliki kekuatan spiritual keagamaan, pengendalian diri, kepribadian, kecerdasan, ahlak mulia, serta ketrampilan yang diperlukan dirinya, masyarakat, bangsa dan negara. Untuk mewujudkan pembangunan nasional bidang pendidikan tersebut diperlukan suatu peningkatan dan penyempurnaan penyelenggaraan pendidikan nasional yang disesuaikan dengan perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi, perkembangan masyarakat, tantangan global, serta kebutuhan pembangunan. Dengan demikian kurikulum merupakan salah satu satu indicator yang menentukan berhasil tidaknya suatu pendidikan. Oleh karena itu kurikulum harus dikelolah secara baik dan professional. Secara langsung maupun tidak, penyampaian kurikulum dalam program pendidikan menuntut adanya tanggung jawab guru. Permasalahannya adalah bagaimanakah menyampaikan kurikulum melalui kegiatan belajar mengajar anak-anak agar menjadi anggota yang baik, sehingga kualitas lulusan/output pendidikan kita bertambah tinggi sebagai pelaksana proses belajar mengajar di sekolah, karenanya dalam melaksanakan tugas guru dituntut memiliki ketrampilan professional yang tinggi dalam mengembangkan kurikulum.