Peningkatan Hasil Balajar Siswa Kelas IV Sekolah Dasar Melalui Pembelajaran Kontekstual Di SD negeri Samata di Kabupaten Gowa

Main Author: B., M. Jafar
Format: Article PeerReviewed Book
Bahasa: ind
Terbitan: Fakultas Ekonomi Kampus UNM Makassar , 2018
Subjects:
SD)
Online Access: http://repository.ut.ac.id/8609/1/L0030-19.pdf
http://repository.ut.ac.id/8609/
http://ojs.unm.ac.id
Daftar Isi:
  • Penelitian ini dilakukan bertujuan untuk mengetahui tingat keefektifan pelaksanaan pembelajaran kontekstual dalam upaya peningkatan hasil belajar pada siswa kelas IV SD Negeri Samata Kabupaten Gowa. Subyek dalam peneluian ini adalah siswa kelas IV Sekolah Dasar Negeri Samata Kabupaten Gowa tah n pelajarn 2017/2018. Penenllian kelas ini dilaksanakan peneliti berdasarkan hasil investigasi terhadap kelas yang diajar oleh peneliti. Peneliti memprediksi bahwa kelas ini akan terjadi permasalahan yang kurang kontekstual dalam pembelajaran. Peneliti memprediksiakan terjadi peningkatan hasil belajar jika dilakukan dengan metode pembelajaran kontekstual melalui kegiatan diskusi, observasi, dan prescntasi. Pendekatan penclitian yang peneliti gunakan adalab pcndekatan dcskriptif kualitatif dan kuantitatif dengan menggambarkan secara deskriptif data yang diperoleh berupa hasil observasi aktifitas siswa dan kegtatan guru selama proses pembelajaran dengan mengguna kan pendekatan kontekstual data tersebut dianalisis secara kuantitatif. Berdasarkan hasil penelitian dan analisis data yang dilakukan menunjukan bahwa Penelitian ini telah membuktikan bahwa melalui pembelajaran kontekstual telah meningkatkan kemampuan siswa dalam melaksanakan diskui pemecahan masalah tentang materi pembelajaran di kelas IV Sekolah Dasar. Melalui pembelajaran kontekstual tentang materi pembelajaran di kelas IV Sekolah Dasar telah terjadi peningkatan kcmampuan siswa dalam melakukan presentasi laporan hasil observasinya tentang aktivitas baik d1lingkungan sekolah maupun dilingkungan masyarakat. Pelaksanaan pembelajaran kontekstual telah mengakibatkan siswa lebih mampu untuk mengkonstruksi sendiri bcrdasarkan konsepnya dan pengalaman di lapangan. Pembelajaran kontekstual pada materi pembelajaran dikelas IV Sekolah dasar merupakan pembelajaran yang menyenangkan bagi siswa dan siswa telah berusaha untuk mcngkonstruksi sendiri pengetahuannya Pembelajaran telah membentuk siswa untuk lebih aktif kreatif, inovatif, mandiri dan bekerjajasama.