Pengaruh Pembelajaran Problem Posing terhadap Peningkatan Kemampuan Berpikir Kreatif dan Pemecahan Masalah Matematik Siswa SMK

Main Author: Tumiyanta,
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2013
Subjects:
Online Access: http://repository.ut.ac.id/855/1/41416.pdf
http://repository.ut.ac.id/855/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui apakah pembelajaran dengan pendekatan problem posing berpengaruh terhadap peningkatan kemampuan berpikir kreatif dan pemecahan masalah matematik siswa SMK. Ada dua hipotesis utama yang akan diuji yaitu : (1) Peningkatan kemampuan berpikir kreatif siswa SMK yang memperoleh pembelajaran dengan pendekatan problem posing lebih baik dibandingkan dengan siswa yang memperoleh pembelajaran konvensional, (2) Peningkatan pemecahan masalah matematik siswa SMK yang memperoleh pembelajaran dengan pendekatan problem posing lebih baik dibandingkan dengan siswa yang memperoleh pembelajaran konvensional. Penelitian ini adalah penelitian eksperimen. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa SMK di Kota Bogor dengan populasi terjangkau SMK Negeri 3 Bogor. Penelitian ini menggunakan purposive sampling. Sample dalam penelitian ini diambil 2 kelas yaitu kelas X di SMK Negeri 3 Bogor yaitu Kelas X Patiseri sebagai kelas eksperimen dan Kelas X Jasa Boga 1 sebagai kelas kontrol. Data dalam penelitian ini diperoleh dari tiga macam instrumen yaitu soal tes kemampuan berpikir kreatif dan pemecahan masalah matematik dan non tes yang terdiri dari skala pendapat siswa terhadap pembelajaran matematika yang menggunakan pendekatan problem posing. Analisis hipotesisnya menggunakan uji rata-rata sampel saling bebas. Hasil analisis menunjukkan bahwa peningkatan kemampuan berpikir kreatif siswa kelas eksperimen lebih baik dibandingkan siswa kelas kontrol ( p = 0,000) serta peningkatan kemampuan pemecahan masalah matematik siswa kelas eksperimen lebih baik dibandingkan dengan siswa kelas kontrol ( p = 0,000 ). Demikian juga untuk skala pendapat siswa menyatakan siswa bersikap positif terhadap pembelajaran matematika yang menggunakan pendekatan problem posing. Melalui pembelajaran problem posing peningkatan kemampuan berpikir kreatif dan pemecahan masalah matematik siswa lebih baik dibandingkan dengan menggunakan pembelajaran konvensional. Serta siswa bersikap positif terhadap pembelajaran matematika yang menggunakan problem posing.