Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Prestasi Balajar Matematika Mahasiswa Program S1-Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) Universitas Terbuka Di Kabupaten Kepulauan Selayar

Main Author: Husnaeni,
Format: Article PeerReviewed Book
Bahasa: ind
Terbitan: UPT.Mata Kuliah Umum Universitas Negeri Makassar , 2014
Subjects:
Online Access: http://repository.ut.ac.id/8548/1/L0019-22.pdf
http://repository.ut.ac.id/8548/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk mengungkapkan hubungan atau pengaruh dari tingkat kesiapan belajar dan kualitas perilaku tutoring terhadap prestasi belajar matematika mahasiswa S1-PGSD UT di Kabupaten Kepulauan Selayar, baik secara bersama-sama maupun sendiri-sendiri. Penelitian ini adalah Ex-Post Facto yang bersifat korelasional. Populasi penelitian ini adalah semua mahasiswa S1-PGSD UT di Kabupaten Kepulauan Selayar yang meregistrasi tahun 2009.2. Jumlah sampel 29 orang yang dijaring melalui metode Cluster Proportional Random Sampling. Data penelitian dikumpulkan melalui kuesioner dan dokumentasi lalu dianalisis dengan statistik deskriptif dan statistik inferensial. Hasil penelitian ini menunjukkan adanya hubungan atau pengaruh yang positif tingkat kesiapan belajar dan kualitas perilaku tutoring baik secara bersama-sama maupun sendiri-sendiri terhadap prestasi belajar matematika mahasiswa S1-PGSD UT di Kabupaten Kepulauan Selayar dengan koefisien determinasi ganda (R2) 0,918 pada taraf signifikansi α=0,05. Berdasarkan hasil analisis data dapat disimpulkan bahwa 91,8% variansi total prestasi belajar matematika dapat dijelaskan oleh tingkat kesiapan belajar dan kualitas perilaku tutoring secara bersama-sama tanpa memperhitungkan variabel lain.