Evaluasi Implementasi Sertifikasi Guru pada Dinas Pendidikan Kabupaten Sintang

Main Author: Suali, Amin
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2013
Subjects:
Online Access: http://repository.ut.ac.id/852/1/1441032.pdf
http://repository.ut.ac.id/852/
ctrlnum 852
fullrecord <?xml version="1.0"?> <dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><relation>http://repository.ut.ac.id/852/</relation><title>Evaluasi Implementasi Sertifikasi Guru pada Dinas Pendidikan Kabupaten Sintang</title><creator>Suali, Amin</creator><subject>371.12 Professional Qualifications of Teacher (Kualifikasi dan Profesionalitas Guru)</subject><description>Penelitian ini dilakukan untuk menggambarkan implementasi sertifikasi guru di Kabupaten Sintang dan mengevaluasi implementasinya. Implementasi difokuskan pada penetapan kuota, persyaratan peserta, penetapan peserta, sosialisasi, pendaftaran, dan penyusunan portofolio. Evaluasi implementasi dilakukan untuk mengkaji efektivitas, efisiensi, adekuasi (kecukupan), kesamaan (ekuitas), responsivitas dan ketepat gunaan pelaksanaan sertifikasi guru tersebut. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif dengan subjek penelitian Kepala Sekolah, Guru SMP di Kecamatan Sintang yang telah mengikuti sertifikasi dan yang belum mengikuti sertifikasi, staf dan pimpinan Dinas Pendidikan Kabupaten Sintang, anggota dewan pendidikan dan komite sekolah. Metode pengumpulan data dilakukan dengan cara menganalisis dokumen, wawancara dan observasi. Analisis data yang digunakan adalah analisis kualitatif. Hasil analisis data menunjukan bahwa implementasi sertifikasi guru di Kabupaten Sintang dilaksanakan sesuai dengan prosedur yang ditetapkan. Efektivitas dari pelaksanaan sertifikasi diindikasikan dengan kualitas hasil pelaksanaan kebijakan yang dicapai. Kualitas tersebut dapat dilihat dengan tingkatan kelulusan yang mencapai 94%. Indikator dari efisiensi pelaksanaan sertifikasi adalah adanya usaha yang dilakukan setiap guru dalam memanfaatkan waktu, tenaga dan biaya untuk dapat lulus sertifikasi. Adekuasi atau kecukupan dalam pelaksanan sertifikasi membantu dalam memecahkan permasalahan yang ada dalam implementasi. Kesamaan atau ekuitas pelaksanaan sertifikasi dapat diindikasikan dari pelaksanaan sertifikasi yang memberikan kesempatan kepada semua calon peserta yang sudah memenuhi persyaratan. Responsivitas pelaksanaan sertifikasi merupakan manfaat secara luas tidak hanya bagi guru SMP, tetapi juga bermanfaat bagi semua yang terlibat dalam sertifikasi. Ketepatgunaan pelaksanaan sertifikasi merupakan pelaksanaan sertifikasi yang tepat sasaran, yaitu guru-guru yang memiliki kualitas dan kompetensi sesuai dengan bidangnya dan sudah memenuhi persyaratan yang ditetapkan.</description><date>2013-04-12</date><type>Thesis:Thesis</type><type>PeerReview:NonPeerReviewed</type><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repository.ut.ac.id/852/1/1441032.pdf</identifier><identifier> Suali, Amin (2013) Evaluasi Implementasi Sertifikasi Guru pada Dinas Pendidikan Kabupaten Sintang. Masters thesis, Universitas Terbuka. </identifier><recordID>852</recordID></dc>
language eng
format Thesis:Thesis
Thesis
PeerReview:NonPeerReviewed
PeerReview
Book:Book
Book
author Suali, Amin
title Evaluasi Implementasi Sertifikasi Guru pada Dinas Pendidikan Kabupaten Sintang
publishDate 2013
topic 371.12 Professional Qualifications of Teacher (Kualifikasi dan Profesionalitas Guru)
url http://repository.ut.ac.id/852/1/1441032.pdf
http://repository.ut.ac.id/852/
contents Penelitian ini dilakukan untuk menggambarkan implementasi sertifikasi guru di Kabupaten Sintang dan mengevaluasi implementasinya. Implementasi difokuskan pada penetapan kuota, persyaratan peserta, penetapan peserta, sosialisasi, pendaftaran, dan penyusunan portofolio. Evaluasi implementasi dilakukan untuk mengkaji efektivitas, efisiensi, adekuasi (kecukupan), kesamaan (ekuitas), responsivitas dan ketepat gunaan pelaksanaan sertifikasi guru tersebut. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif dengan subjek penelitian Kepala Sekolah, Guru SMP di Kecamatan Sintang yang telah mengikuti sertifikasi dan yang belum mengikuti sertifikasi, staf dan pimpinan Dinas Pendidikan Kabupaten Sintang, anggota dewan pendidikan dan komite sekolah. Metode pengumpulan data dilakukan dengan cara menganalisis dokumen, wawancara dan observasi. Analisis data yang digunakan adalah analisis kualitatif. Hasil analisis data menunjukan bahwa implementasi sertifikasi guru di Kabupaten Sintang dilaksanakan sesuai dengan prosedur yang ditetapkan. Efektivitas dari pelaksanaan sertifikasi diindikasikan dengan kualitas hasil pelaksanaan kebijakan yang dicapai. Kualitas tersebut dapat dilihat dengan tingkatan kelulusan yang mencapai 94%. Indikator dari efisiensi pelaksanaan sertifikasi adalah adanya usaha yang dilakukan setiap guru dalam memanfaatkan waktu, tenaga dan biaya untuk dapat lulus sertifikasi. Adekuasi atau kecukupan dalam pelaksanan sertifikasi membantu dalam memecahkan permasalahan yang ada dalam implementasi. Kesamaan atau ekuitas pelaksanaan sertifikasi dapat diindikasikan dari pelaksanaan sertifikasi yang memberikan kesempatan kepada semua calon peserta yang sudah memenuhi persyaratan. Responsivitas pelaksanaan sertifikasi merupakan manfaat secara luas tidak hanya bagi guru SMP, tetapi juga bermanfaat bagi semua yang terlibat dalam sertifikasi. Ketepatgunaan pelaksanaan sertifikasi merupakan pelaksanaan sertifikasi yang tepat sasaran, yaitu guru-guru yang memiliki kualitas dan kompetensi sesuai dengan bidangnya dan sudah memenuhi persyaratan yang ditetapkan.
id IOS4882.852
institution Universitas Terbuka
affiliation onesearch.perpusnas.go.id
institution_id 214
institution_type library:university
library
library Perpustakaan Universitas Terbuka
library_id 607
collection Repository Universitas Terbuka
repository_id 4882
city KOTA TANGERANG SELATAN
province BANTEN
repoId IOS4882
first_indexed 2017-11-24T22:04:40Z
last_indexed 2017-11-24T22:04:40Z
recordtype dc
_version_ 1683532676250730496
score 17.538404