Daftar Isi:
  • Tujuan dari penelitian Pengembangan Buku Ajar IPA tentang Gaya dengan Pendekatan Inkuiri di Sekolah Dasar adalah mengembangkan buku ajar IPA tentang gaya sehingga dihasilkan prototipe buku ajar IPA tentang gaya dengan pendekatan inkuiri yang valid, praktis, dan efektif pada siswa Sekolah Dasar. Pengembangan dilakukan menggunakan model pengembangan model 40 (Thiagarajan, 1974) yang terdiri dari empat tahap, yaitu: (1) pendefinisian (define), (2) perancangan (design), (3) pengembangan (develop). (4) penyerahan (disseminate). Hasil dari penelitian ini berupa buku guru dan buku siswa. Buku tersebut merupakan bahan ajar IPA semester 2 untuk kelas 4 SD tentang materi gaya. Karakteristik dari bahan ajar, yaitu (I) bahan ajar cetak berbentuk buku, (2) ukuran kertas A4 (3) paket untuk guru berisi kegiatan memotivasi siswa belajar, kegiatan alternatif yang dapat dilakukan siswa pada kegiatan belajar mengajar, catatan berisi pertanyaan berkaitan dengan materi pelajaran yang dibahas, materi pengayaan, remedial, dan penilaian. (4) paket untuk siswa dengan sampul yang menarik dan menimbulkan minat baca serta motivasi belajar/rasa ingin tahu siswa tinggi, kata pengantar, gambaran tentang buku siswa, daftar isi, uraian materi disertai gambar-gambar yang relevan, lembar evaluasi, dan daftar pustaka. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa produk yang dikembangkan berupa buku ajar IPA tentang gaya dengan pendekatan inkuiri memenuhi kriteria valid, praktis, efektif, dan layak digunakan dalam pembelajaran.