Peningkatan Kemampuan Penalaran Dan Disposisi Matematis Melalui Pendekatan Model PBL Dengan Model Kooperatif TPS

Main Author: Desrina,
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: ind
Terbitan: , 2018
Subjects:
Online Access: http://repository.ut.ac.id/8455/1/43513.pdf
http://repository.ut.ac.id/8455/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah peningkatan kemampuan penalaran matematis siswa melalui pendekatan pembelajaran model Problem Based Learning lebih tinggi daripada pendekatan pembelajaran model kooperatif Think Pair and Share serta seberapa besar peningkatan disposisi matematis siswa melalui pendekatan model PBL dengan pendekatan model kooperatif TPS. Penelitian ini merupakan penelitian kuasi eksperimen dengan desain kelompok two groups design. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas V SDS Ccndana Kccamatan Batam Kota yang berjumlah 129 siswa. Sampel dalam penelitian ini diarnbil dua kelas sebagai kelas eksperirncn-1 yang mendapat pembelajaran model Problem Based Learning dan kelas eksperimen-2 yang mendapat pembelajaran model kooperatif Think Pair and Share dengan jumlah 30 siswa di masing masing kelas. Instrumen yang digunakan berupa soal tes kemampuan penalaran matematis dan lembar angket disposisi matematis. Analisis data dilakukan terhadap rata rata pretest, posttest, angket awal dan angket akhir. Berdasarkan hasil penelitian, diketahui bahwa peningkatan kemampuan penalaran dan disposisi matematis siswa yang memperoleh pembelajaran menggunakan pendekatan model Problem Based Learning lebih tinggi daripada siswa yang memperoleh pembelajaran menggunakan pendekatan model kooperatif Think Pair and Share baik berdasarkan hasil tes uraian maupun berdasarkan perhitungan hasil angket disposisi matematis. Peningkatan kemampuan penalaran matematis siswa sebesar 44,51 % dan secara umum berada pada kategori "sedang'" 0,3 <g< 0,7 berdasarkan perhitungan hasil gain ternormalisasi dengan presentase 76,67 % pada siswa yang memperoleh pembelajaran model Problem Based Learning,dan pada siswa kelas pembelajaran model Think Pair and Share peningkatan kemampuan penalaran pada kategori " sedang" berdasarkan hasil perhitungan gain memiliki persentase 73,33%. Pembelajaran Problem Based Learning terbukti lebih efektif digunakan untuk meningkatkan kemampuan penalaran dan disposisi matematis.