Pengaruh Motivasi Belajar Dan Persepsi Siswa Tentang Manajemen Kelas Guru Terhadap Hasil Belajar Siswa Di Kelas V Sekolah Dasar Swasta Harapan Utama Di Kota Batam

Main Author: Handayani, Roza
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: ind
Terbitan: , 2018
Subjects:
SD)
Online Access: http://repository.ut.ac.id/8444/1/43506.pdf
http://repository.ut.ac.id/8444/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh motivasi belajar dan persepsi siswa tentang manajemen kelas guru terhadap hasil belajar siswa di kelas V salah satu sekolah dasar swasta Harapan Utama di kota Batam. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif korelasional. Populasi penelitian adalah seluruh siswa kelas V, kecuali kelas V C sekolah dasar swasta Harapan Utama berjumlah 137 orang. Ditetapkan responden 58 orang dengan menggunakan teknik Random Sampling. Data dikumpulkan dengan angket skala Likert yang telah diuji kesahihan dan keterandalannya. Hasil uji coba angket motivasi belajar diperoleh r hitung (0,914) > r table (0,361), sedangkan untuk angket persepsi siswa tentang manajemen kelas guru r hitung (0,806) > r tabel (0,361). Hal ini menunjukkan bahwa kedua angket valid. Data dianalisis dengan teknik korelasi dan regresi. Hasil analisis menunjukkan: 1) Ada pengaruh motivasi belajar terhadap hasil belajar dengan kontribusi sebesar 13,6 %, 2) Pengaruh persepsi siswa tentang manajemen kelas guru terhadap hasil belajar sebesar 1 ,4%dan 3) Pengaruh motivasi belajar dan persepsi siswa tentang manajemen kelas guru terhadap hasil belajar secara bersama sama berpengaruh sebesar 16,10%.