Pengaruh Pembelajaran dengan Model Kooperatif Tipe Student Teams Achievement Division (STAD) terhadap Kemampuan Penalaran dan Komunikasi Matematik Peserta Didik di SMK Negeri Manonjaya Kabupaten Tasikmalaya

Main Author: Muharom, Tria
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2013
Subjects:
Online Access: http://repository.ut.ac.id/838/1/41584.pdf
http://repository.ut.ac.id/838/
ctrlnum 838
fullrecord <?xml version="1.0"?> <dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><relation>http://repository.ut.ac.id/838/</relation><title>Pengaruh Pembelajaran dengan Model Kooperatif Tipe Student Teams Achievement Division (STAD) terhadap Kemampuan Penalaran dan Komunikasi Matematik Peserta Didik di SMK Negeri Manonjaya Kabupaten Tasikmalaya</title><creator>Muharom, Tria</creator><subject>371.36 Project Methods (Metode Pengajaran Tertentu, Metode Pembelajaran Tertentu)</subject><description>Kemampuan penalaran dan komunikasi matematik peserta didik selama ini kurang dikembangkan dengan baik. Hal ini disebabkan faktor kepasifan dari peserta didik dan pemilihan model pembelajaran yang kurang relevan yang berpengaruh terhadap kemampuan penalaran dan komunikasi matematik peserta didik. Dalam upaya meningkatkan kemampuan penalaran dan komunikasi matematik peserta didik, penerapan model pembelajaran tipe Student Teams Achievement Division (STAD) diharapkan dapat meningkatkan keaktifan peserta didik sehingga mampu mengkonstruksi pengetahuannya sendiri dalam belajar. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksperimen dengan desain kelompok kontrol hanya posttest. Populasi dalam penelitian ini adalah peserta didik SMK Negeri di Wilayah Timur Kabupaten Tasikmalaya, yaitu SMK Negeri Manonjaya. Sampel satu kelompok eksperimen dan satu kelompok kontrol diambil secara acak (random). Analisis hipotesis dilakukan dengan uji-t, Anova duajalur, dan korelasi Pearson. Hasil analisis menunjukkan bahwa: (1) kemampuan penalaran matematik peserta didik yang mengikuti pembelajaran kooperatif tipe Student Teams Achievement Division (STAD) lebih baik dari peserta didik yang mengikuti pembelajaran langsung; (2) kemampuan penalaran matematik peserta didik yang mengikuti pembelajaran kooperatif tipe Student Teams Achievement Division (STAD) lebih baik dari peserta didik yang mengikuti pembelajaran langsung berdasarkan level kemampuan awal; (3) kemampuan komunikasi matematik peserta didik yang mengikuti pembelajaran kooperatif tipe Student Teams Achievement Division (STAD) lebih baik dari peserta didik yang mengikuti pembelajaran langsung; (4) kemampuan komunikasi matematik peserta didik yang mengikuti pembelajaran kooperatif tipe Student Teams Achievement Division (STAD) Iebih baik dari peserta didik yang mengikuti pembelajaran langsung berdasarkan level kemampuan awa1; serta (5) terdapat korelasi antara kemampuan penalaran dan komunikasi matematik peserta didik.</description><date>2013-11-02</date><type>Thesis:Thesis</type><type>PeerReview:NonPeerReviewed</type><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repository.ut.ac.id/838/1/41584.pdf</identifier><identifier> Muharom, Tria (2013) Pengaruh Pembelajaran dengan Model Kooperatif Tipe Student Teams Achievement Division (STAD) terhadap Kemampuan Penalaran dan Komunikasi Matematik Peserta Didik di SMK Negeri Manonjaya Kabupaten Tasikmalaya. Masters thesis, Universitas Terbuka. </identifier><recordID>838</recordID></dc>
language eng
format Thesis:Thesis
Thesis
PeerReview:NonPeerReviewed
PeerReview
Book:Book
Book
author Muharom, Tria
title Pengaruh Pembelajaran dengan Model Kooperatif Tipe Student Teams Achievement Division (STAD) terhadap Kemampuan Penalaran dan Komunikasi Matematik Peserta Didik di SMK Negeri Manonjaya Kabupaten Tasikmalaya
publishDate 2013
topic 371.36 Project Methods (Metode Pengajaran Tertentu
Metode Pembelajaran Tertentu)
url http://repository.ut.ac.id/838/1/41584.pdf
http://repository.ut.ac.id/838/
contents Kemampuan penalaran dan komunikasi matematik peserta didik selama ini kurang dikembangkan dengan baik. Hal ini disebabkan faktor kepasifan dari peserta didik dan pemilihan model pembelajaran yang kurang relevan yang berpengaruh terhadap kemampuan penalaran dan komunikasi matematik peserta didik. Dalam upaya meningkatkan kemampuan penalaran dan komunikasi matematik peserta didik, penerapan model pembelajaran tipe Student Teams Achievement Division (STAD) diharapkan dapat meningkatkan keaktifan peserta didik sehingga mampu mengkonstruksi pengetahuannya sendiri dalam belajar. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksperimen dengan desain kelompok kontrol hanya posttest. Populasi dalam penelitian ini adalah peserta didik SMK Negeri di Wilayah Timur Kabupaten Tasikmalaya, yaitu SMK Negeri Manonjaya. Sampel satu kelompok eksperimen dan satu kelompok kontrol diambil secara acak (random). Analisis hipotesis dilakukan dengan uji-t, Anova duajalur, dan korelasi Pearson. Hasil analisis menunjukkan bahwa: (1) kemampuan penalaran matematik peserta didik yang mengikuti pembelajaran kooperatif tipe Student Teams Achievement Division (STAD) lebih baik dari peserta didik yang mengikuti pembelajaran langsung; (2) kemampuan penalaran matematik peserta didik yang mengikuti pembelajaran kooperatif tipe Student Teams Achievement Division (STAD) lebih baik dari peserta didik yang mengikuti pembelajaran langsung berdasarkan level kemampuan awal; (3) kemampuan komunikasi matematik peserta didik yang mengikuti pembelajaran kooperatif tipe Student Teams Achievement Division (STAD) lebih baik dari peserta didik yang mengikuti pembelajaran langsung; (4) kemampuan komunikasi matematik peserta didik yang mengikuti pembelajaran kooperatif tipe Student Teams Achievement Division (STAD) Iebih baik dari peserta didik yang mengikuti pembelajaran langsung berdasarkan level kemampuan awa1; serta (5) terdapat korelasi antara kemampuan penalaran dan komunikasi matematik peserta didik.
id IOS4882.838
institution Universitas Terbuka
affiliation onesearch.perpusnas.go.id
institution_id 214
institution_type library:university
library
library Perpustakaan Universitas Terbuka
library_id 607
collection Repository Universitas Terbuka
repository_id 4882
city KOTA TANGERANG SELATAN
province BANTEN
repoId IOS4882
first_indexed 2017-11-24T22:04:40Z
last_indexed 2017-11-24T22:04:40Z
recordtype dc
_version_ 1683532676195155968
score 17.538404