Analisis Penempatan Guru Pegawai Negeri Sipil (PNS) Di Sekolah Dasar (SD) Negeri Kabupaten Aceh Tengah
Main Author: | Prawira, Hari |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
, 2018
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.ut.ac.id/8279/1/43464.pdf http://repository.ut.ac.id/8279/ |
Daftar Isi:
- Pendidikan merupakan suatu sistem yang terdiri dari berbagai komponen yang sating bekerja sama dan saling berkaitan. Oleh karena itu diperlukan pengelolaan khusus untuk masing-masing komponen agar setiap komponen dapat bekerja dengan baik. Salah satu komponen penting dalam pendidikan yaitu pendidik atau guru. Guru merupakan kunci dalam peningkatan mutu pendidikan dan mereka berada di titik sentral dari setiap usaha reformasi pendidikan. Berdasarkan data yang diperoleh peneliti pada Sekolah Dasar Negeri di Kabupaten Aceh Tengah. penempatan guru pegawai negeri sipil masih belum merata. Adapun kendala dalam pemerataan guru Pegawai Negeri Sipil di Kabupaten Aceh Tengah banyaknya guru yang akan memasuki usia pensiun, sedangkan untuk merekrut pegawai negeri sipil bam mengalami keterbatasan anggaran sehingga menimbulkan permasalahan yakni ketidakseimbangan antara kebutuhan dan ketersediaan guru. Tujuan penelitian ini untuk menganalisis penempatan guru dan menganalisis kendala pemerataan guru Pegawai Negeri Sipil di Sekolah Dasar Kabupaten Aceh Tengah. Pendekatan penelitian ini adalah deskriptif kualitatif, data yang dikumpulkan melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Informan dalam penelitian ini meliputi Sekretaris Dinas pendidikan, Kepala Bidang Mutasi dan Informasi Badan Kepegawaian Pengembangan Sumber Daya Manusia, Kepala Seksi Mutasi Kepangkatan dan Jabatan, Kepala Sekolah, Guru Sekolah Dasar, Komite Sekolah, dan Murid Sekolah Dasar dalam Kabupaten Aceh Tengah. Pemerintah Daerah dalam hal ini Dinas Pendidikan Kabupaten Aceh Tengah tidak dapat melakukan pemerataan guru ke semua sekolah yang ada, karena kekurangan jumlah guru Pegawai Negeri Sipil dan akan mempengaruhi kualitas pendidikan di daerah perkotaan.