Analisis Pengaruh Kualitas Pelayanan Website Terhadap Kepuasan Pengguna Website Badan Pusat Statistik Provinsi Sumatera Utara
Main Author: | Tridjono, Fadjar Wahyu |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2013
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.ut.ac.id/827/1/41268.pdf http://repository.ut.ac.id/827/ |
Daftar Isi:
- Website BPS Provinsi Sumatera Utara berfungsi sebagai salah satu layanan yang diselenggarakan oleh BPS bagi para pengguna data. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui bahwa kualitas pelayanan website BPS dari sisi: kegunaan (usability), kualitas informasi (information quality), kualitas layanan interaksi (service interaction quality), kualitas transaksi (transaction quality) secara simultan dan secara parsial berpengaruh terhadap kepuasan pengguna website BPS Provinsi Sumatera Utara. Subjek penelitian ini adalah pengguna website BPS Provinsi Sumatera Utara. Penelitian dilakukan dengan sampel berjumlah 51 responden. Hipotesis diuji dengan menggunakan analisis regresi linier berganda dengan taraf signifikansi 10%. Hasil analisis menunjukkan bahwa kualitas layanan (kegunaan, kualitas informasi, kualitas layanan interaksi, kualitas transaksi) secara simultan berpengaruh terhadap kepuasan pengguna secara signifikan. Berdasarkan hasil pengujian secara parsial diperoleh bahwa seluruh variabel kualitas pelayanan memiliki pengaruh yang positif terhadap kepuasan pengguna. Yang mempunyai pengaruh signifikan adalah variabel kegunaan (usability) dan kualitas transaksi (transaction quality). Variabel kualitas layanan interaksi (service interaction quality), dan kualitas informasi (information quality) tidak berpengaruh secara signifikan. Variabel yang memiliki pengaruh paling dominan dalam mempengaruhi kepuasan pengguna adalah variabel kualitas transaksi dan variabel kegunaan.