Hubungan Antara Kepemimpinan Kepala Sekolah Dan Motivasi Kerja Dengan Kinerja Guru

Main Author: Sobandi, Rahmat
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: ind
Terbitan: , 2018
Subjects:
Online Access: http://repository.ut.ac.id/8188/1/43525.pdf
http://repository.ut.ac.id/8188/
Daftar Isi:
  • Keberhasilan dalam pengembangan kinerja guru ditentukan oleh kepala sekolah dengan beberapa faktor, yaitu; 1) merencanakan, 2) melaksanakan, 3) mengawasi atau mengendalikan serta 4) menyelaraskan semua sumber daya pendidikan. Prestasi kerja akan dapat dicapai jika melaksanakan tugas yang dibebankan dapat dilaksanakan dengan sebaik-baiknya. Tujuan dari penelitian ini adalah; 1) untuk menganalisis hubungan antara kepemimpinan kepala sekolah dengan kinerja guru, 2) hubungan antara motivasi kerja dengan kinerja guru, dan 3) hubungan langsung antara kepemimpinan kepala sekolah dan inotivasi guru dengan kinerja guru. Metode yang digunakan adalah survey dengan pendekatan regresi. Data penelitian diperoleh dengan menggunakan kuesioner yang disusun berdasarkan indikator variabel penelitian. Sampel yang digunakan sebanyak 92 orang di Kecamatan Karangtengah Kabupaten Cianjur. Teknik analisis data menggunakan deskripsi, regresi sederhana dan regresi multivariat. Berdasarkan hasil analisis data, 1) diperoleh sig. 0,019 kurang dari 0,05 maka terdapat hubungan antara kepemimpinan kepala sekolah dengan kinerja guru, 2) terdapat hubungan antara antara motivasi kerja dengan kinerja ditunjukan dari nilai sig. 0,024 < 0,05, dan 3) terdapat hubungan langsung antara kepemimpinan dan motivasi kerja dengan kinerja guru berdasarkan hasil perhitungan regresi multivarian diperoleh signifikan 0,039 kurang dari 0,05. Sehingga dapat disimpulkan terdapat hubungan langsung antara kepemimpinan dan motivasi kerja dengan kinerja guru.