Strategi Komunikasi Perwakilan BKKBN Jawa Tengah Dalam Diseminasi Program Generasi Berencana (Genre)

Main Author: Fitria, Musthofa Salya Bhara
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: ind
Terbitan: , 2017
Subjects:
KB)
Online Access: http://repository.ut.ac.id/8163/1/43361.pdf
http://repository.ut.ac.id/8163/
Daftar Isi:
  • Masa remaja adalah masa yang rentan terhadap ancaman narkoba dan seksualitas yang berpotensi mengganggu transisi menuju masa dewasa. BKKBN merespon permasalahan remaja tersebut dengan memunculkan program Generasi Berencana (GenRe). Pelaksanaan program GenRe mengalami banyak kendala, dilihat dari tingkat pengetahuan masyarakat yang masih rendah. Implementasi kebijakan program GenRe mengalami kendala dari sisi struktur birokrasi,sumberdaya, disposisi/kecenderungan, dan komunikasi. Komunikasi adalah komponen yang pelaksanaannya dapat dilakukan oleh Perwakilan BKKBN di tingkat Provinsi. Penelitian ini mendeskripsikan strategi komunikasi Perwakilan BKKBN Jawa Tengah dalam diseminasi program GenRe. Penelitian dilakukan dengan metode kualitatif. Strategi komunikasi Perwakilan BKKBN Jawa Tengah dalam diseminasi program GenRe dilakukan dengan menetapkan sasaran,penyusunan pesan, memilih saluran/media, dan menentukan komunikator. Sasaran diseminasi program GenRe adalah remaja secara umum maupun remaja dengan kriteria tertentu sebagai sasaran spesifik. Pesan yang disusun untuk remaja secara umum berupa pesan-pesan informatif, dan persuasif, sedangkan untuk sasaran spesifik berupa pesan edukatif. Saluran yang digunakan untuk pesan-pesan informatif dan persuasif dalah melalui media luar ruang (baliho, mural, alat peraga)dan media internet (media sosial); sedangkan saluran untuk pesan edukatif adalah melalui media internet (media sosial), media cetak (buku, leaflet, poster), dan dengan saluran komunikasi langsung. Komunikator yang berperan dalam kegiatan diseminasi berasal dari internal maupun eksternal Perwakilan BKKBN. Strategi yang terbaik hendaknya yang paling efektif dalam penyampaian pesan, sekaligus efisien dalam penggunaan sumberdaya, baik waktu, tenaga, dan biaya. Pemanfaatan internet khususnya melalui media sosial efisien karena tidak membutuhkan waktu panjang dalam produksi pesannya, tidak membutuhkan banyak personel dalam pengelolaan, berbiaya relatif murah dibandingkan dengan jenis media lainnya. Pemanfaatan internet efektif karena dapat menjangkau banyak sasaran yang tidak terbatas wilayah, tidak terbatas waktu, pesan mudah disebarkan ulang sehingga menjalar. Pemanfaatan media internet oleh Perwakilan BKKBN Jawa Tengah untuk diseminasi programgenre sudah dilakukan namun masih belum maksimal. Strategi pemilihan media dengan menggunakan media internet adalah strategi yang layak menjadi pertimbangan Perwakilan BKKBN Jawa Tengah untuk dilaksanakan secara serius pada masa kedepannyu.