Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran Berbasis Komputer Dan Model Discovery Learning Terhadap Hasil Belajar IPA Keseimbangan Ekosistem Kelas 5 SD Negeri Di Kecamatan Bogor Barat
Main Author: | Supriono, |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2017
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.ut.ac.id/8116/1/43420.pdf http://repository.ut.ac.id/8116/ |
Daftar Isi:
- Penelitian Eksperimen ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan media pembelajaran berbasis komputer dan model discovery learning terhadap hasil belajar IPA Keseimbangan Ekosistem kelas 5 SD. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas V SDN di Kecamatan Bogor Barat sebanyak 192 orang. Pengambilan sampel menggunakan teknik multigstage random sampling. Metode yang di gunakan dalam penelitian ini adalah eksperimen, dengan desain pre-posttest two group control/ design. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan observasi, test analisis dalam penelitian ini dengan menggunakan analisis deskriptif kuantitatif Hasil penelitian menunjukkan penggunaan media pembelajaran berbasis komputer dan model discovery learning berpengaruh positif terbadap basil belajar IPA Keseimbangan Ekosistem kelas 5 SD. Hasil ini menunjukkan bahwa penggunaan media pembelajaran berbasis komputer dan model discovery learning dapat dijadikan sebagai salah satu upaya dalam mengembangkan basil belajar IPA Keseimbangan Ekosistem kelas 5 SD. Oleb karena itu guru perlu mengetahui kemampuan dan kebutuhan yang bervariasi dalam memberikan pembelajaran untuk dapat mengembangkan hasil belajar IP A Keseimbangan Ekosistem kelas 5 SD.