Analisis Kinerja Pelayanan Jasa Pelabuhan Pada Pelabuhan Serui Kabupaten Kepulauan Yapen

Main Author: Rumatora, Andre Murphy
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: ind
Terbitan: , 2017
Subjects:
Online Access: http://repository.ut.ac.id/8099/1/43137.pdf
http://repository.ut.ac.id/8099/
Daftar Isi:
  • Pelayanan Jasa kepelabuhanan merupakan pelayanan yang dilakukan di wilayah pelabuhan yang berhubungan dengan kepuasan pelanggan. Pelayanan jasa ini diberikan oleh Kantor Administrasi Pelabuhan, perusahaan bongkar muat, PT. Pelni, PT. Pelindo dan unit-unit lain yang berada di wilayah kepalbuhanan tersebut. Pelayanan jasa ini dapat berjalan dengan baik apabila didukung oleh berbagai faktor yang ada. Faktor-faktor yang mempengaruhi pelayanan jasa pelabuhan antara lain adalah faktor internal dan faktor eksternal. Faktor internal terdiri dari sumber daya, struktur internal dan kepemimpinan sedangkan faktor eksternal terdiri dari faktor kompetisi dan tekonologi. Masing-masing faktor tersebut memiliki pengaruh terhadap hasil pelayanan jasa yang ada, tinggi dan rendahnya kualitas pelayanan jasa pelabuhan di pengaruhi oleh efektifitas kerja dari faktor tersebut. Tujuan penelitian pelayanan jasa kepelabuhanan adalah untuk mengetahui bagaimana proses pelayanan jasa yang terjadi di pelabuhan serui, faktor-faktor apa saja yang mempengerahui pelayanan jasa, serta bagaimana upaya untuk meningkatkan pelayanan jasa. Penelitian ini dilakukan dengan metode kualitatif sehingga dapat mengetahui bagaimana pelaksanaan, faktor dan upaya peningkatan pelayanan jasa yang telah terjadi di pelabuhan serui. Beberapa faktor yang telah dilaksanakan secara baik, namun juga terdapat faktor yang belum terlaksana dengan baik. Ini dapat diukur dari aspek kehandalan, daya tanggap, jaminan, empati dan produk-produk fisik yang mendukung kinerja jasa pelayanan di pelabuhan Serui. Sehingga diperlukan upaya-upaya dalam rangka memperbaiki kinerja pelayanan tersebut dalam rangka peningkatan jasa pelayanan pelabuhan secara menyeluruh.