Analisis Kesuksesan Penerapan Sistem Informasi E-Spt Pajak Penjualan (PPN) Terhadap Kepatuhan Pajak Pada Kantor Pelayanan Pajak Madya A Dan Kantor Pelayanan Pajak Madya B

Main Author: Riyani, Etik Ipda
Format: Proceeding PeerReviewed Book
Bahasa: ind
Terbitan: , 2016
Subjects:
Online Access: http://repository.ut.ac.id/8005/1/FISIP201601-24.pdf
http://repository.ut.ac.id/8005/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis hubungan kesuksesan penerapan sistem informasi e-SPT Pajak Penjualan (e-SPT PPN) terhadap kepatuhan pajak. Adapun model yang digunakan pada penelitian adalah model kesuksesan sistem informasi updated D&M IS Success Model. Model ini mendasarkan pada 6 pengukuran kesuksesan informasi yaitu kualitas sistem (System Quality), kualitas informasi (Information Quality), kualitas pelayanan (Service Quality), minat pengguna (Intention to Use), kepuasan pengguna (User Satisfaction), dan kepatuhan pajak. Populasi dari penelitian ini adalah seluruh Wajib Pajak yang berbentuk badan dan terdaftar di Kantor Pelayanan Pajak Madya A dan B. Peneliti menggunakan simple random sampling dalam penarikan sampel. Alat analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah Analisis Jalur (Path Analysis). Hasil penelitian menunjukkan kesuksesan implementasi sistem informasi e-SPT PPN dengan dimensi System Quality, Information Quality, dan Service Quality, Intention to Use dan User Satisfaction berpengaruh terhadap Kepatuhan Pajak.