Kepemimpinan Kepala Sekolah dan Mutu Pembelajaran di SMK Negeri I Langgur Kabupaten Maluku Tenggara
Main Author: | Letlet, Albhertina |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2013
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.ut.ac.id/784/1/41440.pdf http://repository.ut.ac.id/784/ |
Daftar Isi:
- Kepemimpinan kepala sekolah tentunya banyak hal yang dapat mempengaruhi untuk bekerja berperan serta mencapai tujuan yang ditetapkan sesuai dengan visi dan misi kepemimpinan. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kepemimpinan kepala sekolah serta menganalisa mutu pembelajaran di SMK Negeri I Langgur. Fokus penelitian ini bertumpu pada aspek-aspek artikulasi visi, misi dan nilai-nilai kepemimpinan Kepala Sekolah SMK Negeri I Langgur serta gaya kepemimpinan, kurikulum dan pembelajaran, kesiswaan, ketenagaan, sarana dan prasarana yang perlu dikembangkan kepala sekolah dalam meningkatkan mutu pembelajaran. Metode analisa yang digunakan adalah metode penelitian kualitatif, dimana kehadiran peneliti bertindak sebagai instrument pengumpul data sekaligus untuk memperoleh informasi secara langsung kepada Kepala sekolah, Waka kurikulum, Guru dan kepala Tata Usaha di SMK Negeri 1 Langgur. Hasil penelitian menunjukkan : perlama, Kepemimpinan kepala sekolah belum optimal dalam mengembangkan SMK Negeri I Langgur menjadi sekolah yang unggul. Kedua, mutu pembelajaran dapat dilihat dari kurikulum dan kualitas pembelajaran seperti penggunaan fasilitas pembelajaran hanya dapat digunakan pada saat-saat tertentu. Hal lainnya terkait dengan tim ketenagaan dimana kepala sekolah juga tidak melibatkan karyawan sekolah untuk mengikuti berbapi pelatihan sesuai dengan kompetensi ketenagaan. Sedangkan yang terakhir, penelitian ini menemukan masalah sarana dan prasarana yang tidak memadai untuk pengembangan sekolah pada SMK Negeri I Langgur. Oleh karena itu, kepemimpinan kepala sekolah, sebaiknya kepala sekolah selalu memperhatikan perkembangan kurikulum dan pembelajaran, tim ketenagaan, fasilitas pendukung dalam proses pembelajaran serta kesiswaan sehingga untuk menciptakan kepemimpinan yang baik tentu hams memperhatikan aspirasi dari bawah.