Analisis Strategi Bauran Pemasaran Rumah Sakit OMNI Pulomas

Main Author: Haryani, Midi
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2012
Subjects:
Online Access: http://repository.ut.ac.id/770/1/1340961.pdf
http://repository.ut.ac.id/770/
Daftar Isi:
  • Pelayanan jasa kesehatan rumah sakit pada saat ini telah berkembang pesat. Menyikapi perubahan ini, rumah sakit perlu membuat strategi yang optimal untuk dapat bersaing dalam perubahan ini dan menjadi rumah sakit yang adaptif. Untuk membuat strategi pemasaran yang tepat, sebuah rumah sakit perlu mengenali kelemahan, kekuatan, peluang dan ancaman yang dihadapi. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui faktor-faktor tersebut, mengenali bauran pemasaran yang telah dilakukan dan mengetahui seberapa jauh kepuasan pasien terhadap bauran pemasaran tersebut. Selain itu juga untuk mengetahui hubungan antara loyalitas pasien dengan kepuasan dan bauran pemasaran yang telah dilakukan. Penelitian ini memadukan metode penelitian kualitatif untuk mengetahui kekuatan, kelemahan, peluang dan ancaman yang menjadi dasar strategi bauran pemasaran RS OMNI Pulomas dengan metode kuantitatif untuk mengetahui tingkat kepuasan dan loyalitas pasien terhadap bauran pemasaran yang telah dilakukan. Subyek penelitian adalah manajemen puncak dan pasien rawat jalan RS OMNI Pulomas. Analisis hasil penelitian kuantitatif dilakukan dengan menggunakan SPSS 17.0 dan Lisrell 8.7 Hasil penelitian menunjukkan bahwa faktor place ternyata bukan merupakan unsur yang dapat diterapkan dalam strategi bauran pemasaran RS OMNI Pulomas, sehingga hanya menggunakan 6P, yaitu produk, harga, promosi, people, proses dan bukti fisik. Terdapat hubungan positif antara harga, people, proses dan bukti fisik tetapi hubungan tersebut negatif (terbalik) antara produk dan promosi dengan kepuasan pasien. Terdapat hubungan antara kepuasan dengan loyalitas pasien di RS OMNI Pulomas