Pengaruh Pendidikan dan Pelatihan Terhadap Peningkatan Kompetensi Guru SMA di Kabupaten Karimun

Main Author: Zabur, Muhd
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: ind
Terbitan: , 2017
Subjects:
Online Access: http://repository.ut.ac.id/7685/1/43015.pdf
http://repository.ut.ac.id/7685/
Daftar Isi:
  • Tujuan dari penelitian ini adalah: 1) untuk menganalisis besarnya pengaruh pendidikan terhadap kompetensi gum SMA di Kabopaten Karimun. 2) untuk menganalisis besarnya pengaruh pelatihan terhadap kompetensi guru SMA di Kabupaten Karimun. 3) untuk menganalisis besamya pengaruh pendidikan dan pelatihan secara bersama-sama berpengaruh terhadap peningkatan kompetensi guru SMA di Kabupaten Karimun. Metode yang digunakan adalah deskriptif kuantitatif. Sampel dari penelitian ini adalah guru-gum SMA di Kabupaten Karimun berjumlah 50 orang dari 5 SMA yang tersebar di Kabupaten Karimun yang ditetapkan dengan teknik random sampling. Data dalam penelitian ini dikompulkan melalui kuesioner dan dokumentasi, kemudian data dianalisis. Dari hasil analisis data dapat diketalmi bahwa hasil penelitian ini menunjukkan adanya pengaruh signifikan antara pendidikan dan pelatihan terhadap peningkatan kompetensi guru SMA di Kabupaten Karimun. Koefisien determinasi sebesar 0,843 yang memiliki arti bahwa pengaroh pendidikan dan pelatihan terhadap peningkatan kompetensi guru adalab sebesar 84,3% dan sisanya dipengarohi oleh variabel lain di luar penelitian ini. Pada uji t diketahui kedua variabel baik Pendidikan maupun Pelatihan memiliki pengaruh yang positif terhadap peningkatan kompetensi guru SMA di Kabupaten Karimun. Untuk Pendidikan dimana t hitung sebesar 1,914 dengan kriteria pengujian menunjukkan bahwa t hitung > t tabel yakni 1,914 > 1.672, hal ini menunjukkan babwa secara parsial (individual) ada pengamh yang positif signifikan pendidikan terhadap peuingkatan kompetensi kemudian juga untuk Pelatihan yang diperoleh t hitung sebesar (5,812) sesuai dengan kriteria pengujian menunjukkan bahwa t hitung > t tabel yakni 5,8122 > 1,690 oleh karenauya dari hasil tersebut memperlihatkan babwa variabel pelatihan (parsial) berpengaroh terhadap peningkatan kompetensi guru.