Komparasi Hasil Belajar Matematika Menggunakan Model Pembelajaran Berdasarkan Masdiah Melalui Metode Inquiri Terbimbing dan Demonstrasi pada Siswa Kelas VIII SMPN 1 Unter Iwes

Main Author: Punijan,
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: ind
Terbitan: , 2017
Subjects:
Online Access: http://repository.ut.ac.id/7615/1/43034.pdf
http://repository.ut.ac.id/7615/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) seberapa besar hasil belajar Matematika siswa yang diajar dengan model pembelajaran berdasarkan masalah (problem based le rning) melalui metode inquiri terbimbing, (2) seberapa besar hasil belajar Matematika siswa yang diajar dengan model pembelajaran berdasarkan masalirn melalui metode demonstrasi,(3) bagaimana komparasi hasil belajar Matematikk siswa yang diajar dengan model pembelajaran berdasarkan masalah melalui rrletode inquiri terbimbing dan demonstrasi. Jenis penelitian ini adalah penelitian Iduasi eksperimen yang dilakukan terhadap 64 siswa kelas VIII di SMPN 1 Unter Iwes, Kabupaten Sumbawa. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah lembar observasi keterlaksanaan pembelajaran, angket respon siswa, dan tes. Ahalisis data yang digunakan adalah analisis deskriftif untuk mendeskripsikan Hasil belajar Matematika dan respon siswa. Analisis infrensial untuk menguji hipotesis penelitian dengan menggunakan uji banding. Hasil penelitian menunjllkkan bahwa hasil belajar Matematika siswa yang diajar dengan model pembelajark berdasarkan masalah melalui metode inquiri terbimbing mencapai ketuntasb klasikal 87,50% dengan nilai rata-rata 77,03, hasil belajar Matematika siswa I yang diajar dengan model pembelajaran berdasarkan masalah melalui metode dclmonstrasi mencapai ketuntasan klasikal 81,25% dengan nilai rata-rata 72,19. sdtistik infrensial menunjukkan bahwa terdapat perbedaan hasil belajar Matematika siswa yang diajar dengan model pembelajaran berdasarkan masalah melalui metode inquiri terbimbing dan demonstrasi. Dengan demikian dapat disimpulkari bahwa model pembelajaran berdasarkan masalah melalui metode inquiri terbimbing lebih efektif dari pada model pembelajaran berdasarkan masalah melalui metode demonstrasi pada materi bangun ruang sisi datar di kelas VIII SMPN 1 Unter Iwes