Analisis Kualitas Pelayanan Publik Bidang Pencatatan Nikah pada Kantor Urusan Agama Kecamatan Karimun Kabupaten Karimun
Main Author: | Purnomo, Sunarto Agung Budi |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
, 2016
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.ut.ac.id/7571/1/41703.pdf http://repository.ut.ac.id/7571/ |
ctrlnum |
7571 |
---|---|
fullrecord |
<?xml version="1.0"?>
<dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><relation>http://repository.ut.ac.id/7571/</relation><title>Analisis Kualitas Pelayanan Publik Bidang Pencatatan Nikah pada Kantor Urusan Agama Kecamatan Karimun Kabupaten Karimun</title><creator>Purnomo, Sunarto Agung Budi</creator><subject>351 Public Administration (Administrasi Negara)</subject><subject>360-369 Social Problems and Services (Permasalahan dan Kesejahteraan Sosial)</subject><subject>650-659 Management and Auxiliary Service (Manajemen dan Ilmu yang Berkaitan)</subject><subject>658.4013 Control and Quality Management (Manajemen Kontrol dan Kualitas)</subject><description>Maksud dalam penelitian ini adalah untuk menganalisis kualitas pelayanan publik bidang pencatatan nikah pada pada Kantor Urusan Agama Kecamatan Karimun Kabupaten Karimun. Kualitas pelayanan publik tersebut ditinjau dari indikator tangibles, responsiveness, reliability, assurance, dan empathy juga factorfaktor yang mempengaruhi kualitas pelayanan public. Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif deskriptif. T eknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah wawancara kepada informan, observasi dan studi dokumentasi. Hasil
penelitian mengungkapkan bahwa kualitas pelayanan publik bidang pencatatan nikah pada Kantor Urusan Agama Kecamatan Karimun temyata terdapat kelemahan-kelemahan sehingga belum optimal. Indikator tangibles, belum adanya fasiltas sarana dan prasarana yang nyaman. Indikator reliability, masih terdapat prosedur pelayanan yang tidak sesuai dengan aturan. Indikator responsiveness, daya tanggab petugas yang lambat, terhadap kebutuhan pelanggan, aspek assurance, masih belum tepatnya waktu penyelesian pelayanan, indikator emphaty, perhatian petugas rendah, pelayanan yang diskriminatif. Factor-faktor yang empengaruhi kualitas pelayanan publik adalah minimnya anggaran, minimnya sumber daya manusia, minimnya ketrampilan, kompetensi petugas, dan sistem yang belum berjalan semestinya Guna meningkatkan kualitas pelayanan publik bidang pencatatan nikah Kantor Urusan Agama Kecamatan Karimun agar menambah anggaran, menambah pegawai sesuai kualifikasi pendidikan, meningkatkan skills melalui pendidikan dan latihan atau memberikan pendidikan yang lebih tinggi, melaksanakan sistem, mekanisme dan prosedur pelayanan.</description><date>2016-12-17</date><type>Thesis:Thesis</type><type>PeerReview:NonPeerReviewed</type><type>Book:Book</type><language>ind</language><identifier>http://repository.ut.ac.id/7571/1/41703.pdf</identifier><identifier> Purnomo, Sunarto Agung Budi (2016) Analisis Kualitas Pelayanan Publik Bidang Pencatatan Nikah pada Kantor Urusan Agama Kecamatan Karimun Kabupaten Karimun. Masters thesis, Universitas Terbuka. </identifier><recordID>7571</recordID></dc>
|
language |
ind |
format |
Thesis:Thesis Thesis PeerReview:NonPeerReviewed PeerReview Book:Book Book |
author |
Purnomo, Sunarto Agung Budi |
title |
Analisis Kualitas Pelayanan Publik Bidang Pencatatan Nikah pada Kantor Urusan Agama Kecamatan Karimun Kabupaten Karimun |
publishDate |
2016 |
topic |
351 Public Administration (Administrasi Negara) 360-369 Social Problems and Services (Permasalahan dan Kesejahteraan Sosial) 650-659 Management and Auxiliary Service (Manajemen dan Ilmu yang Berkaitan) 658.4013 Control and Quality Management (Manajemen Kontrol dan Kualitas) |
url |
http://repository.ut.ac.id/7571/1/41703.pdf http://repository.ut.ac.id/7571/ |
contents |
Maksud dalam penelitian ini adalah untuk menganalisis kualitas pelayanan publik bidang pencatatan nikah pada pada Kantor Urusan Agama Kecamatan Karimun Kabupaten Karimun. Kualitas pelayanan publik tersebut ditinjau dari indikator tangibles, responsiveness, reliability, assurance, dan empathy juga factorfaktor yang mempengaruhi kualitas pelayanan public. Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif deskriptif. T eknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah wawancara kepada informan, observasi dan studi dokumentasi. Hasil
penelitian mengungkapkan bahwa kualitas pelayanan publik bidang pencatatan nikah pada Kantor Urusan Agama Kecamatan Karimun temyata terdapat kelemahan-kelemahan sehingga belum optimal. Indikator tangibles, belum adanya fasiltas sarana dan prasarana yang nyaman. Indikator reliability, masih terdapat prosedur pelayanan yang tidak sesuai dengan aturan. Indikator responsiveness, daya tanggab petugas yang lambat, terhadap kebutuhan pelanggan, aspek assurance, masih belum tepatnya waktu penyelesian pelayanan, indikator emphaty, perhatian petugas rendah, pelayanan yang diskriminatif. Factor-faktor yang empengaruhi kualitas pelayanan publik adalah minimnya anggaran, minimnya sumber daya manusia, minimnya ketrampilan, kompetensi petugas, dan sistem yang belum berjalan semestinya Guna meningkatkan kualitas pelayanan publik bidang pencatatan nikah Kantor Urusan Agama Kecamatan Karimun agar menambah anggaran, menambah pegawai sesuai kualifikasi pendidikan, meningkatkan skills melalui pendidikan dan latihan atau memberikan pendidikan yang lebih tinggi, melaksanakan sistem, mekanisme dan prosedur pelayanan. |
id |
IOS4882.7571 |
institution |
Universitas Terbuka |
affiliation |
onesearch.perpusnas.go.id |
institution_id |
214 |
institution_type |
library:university library |
library |
Perpustakaan Universitas Terbuka |
library_id |
607 |
collection |
Repository Universitas Terbuka |
repository_id |
4882 |
city |
KOTA TANGERANG SELATAN |
province |
BANTEN |
repoId |
IOS4882 |
first_indexed |
2019-05-08T01:34:29Z |
last_indexed |
2019-05-08T01:34:29Z |
recordtype |
dc |
_version_ |
1686280409609928704 |
score |
17.538404 |