Pengembangan Lembar Kerja Siswa (LKS) Penemuan dengan Pendekatan Saintifik pada Materi Segitiga untuk Siswa Kelas VII Semester 2 di SMPN l Moyo Utara

Main Author: Furqan, Nur A'ini
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: ind
Terbitan: , 2017
Subjects:
Online Access: http://repository.ut.ac.id/7562/1/43025.pdf
http://repository.ut.ac.id/7562/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan LKS matematika pada materi segitiga berbasis penemuan dengan pendekatan saintifik yang valid, praktis dan efektif. LKS ini terdiri dari 6subbab yaitu pengertian segitiga, jenis-jenis segitiga, ketaksamaan segitiga, jumlah sudut dalam segitiga, keliling dan luas segitiga. Struktur LKS secara umum adalah judul, kompetensi yang akan dicapai, pengantar awal,petunjuk kegiatan, langkah-langkah kegiatan dan penilaian,latihan, kunci jawaban latihan. Sampel penelitian pengembangan ini adalah siswa kelas VII (yaitu kelas VII.2 dan kelas VII.3) SMPN 1 Moyo Utara. Penelitian ini adalah penelitian pengembangan yang mengacu pada model pengembangan 4-D, yaitu: a) define, meliputi analisis kurikulum, analisis ujung depan, analisis siswa, analisis tugas, analisis konsep, dan perumusan tujuan pembelajaran, b) design, meliputi pengumpulan referensi, penyusunan rancangan RPP dan LKS Penemuan dengan Pendekatan Saintifik, dan menyusun instrument penilaian RPP dan LKS, c) develop, meliputi pengembangan instrumen penilaian perangkat pembelajaran, pengembangan produk (LKS), validasi ahli, revisi dan uji coba pengembangan. RPP dan LKS yang telah dikonsultasikan pada dosen pembimbing kemudian divalidasi oleh dua orang dosen ahli dan dua orang guru matematika SMP. Setelah dilakukan validasi, penilaian produk serta pemberian saran/masukan kemudian produk direvisi sesuai saran dari validator, d) desseminate, atau penyebaran tidak dilakukan disebabkan waktu penelitian yang terbatas. Kualitas LKS yang dikembangkan adalah: a) kevalidan dengan hasil validitas RPP o\eh dooen ahE dan guru matematika berada pada kriteria sangat baik dengan skor penilaian rata-rata 179,50 sehingga RPP yang digunakanadalah valid. Validitas LKS oleh dosen ahli diperoleh skor penilaian rata-rata LKS adalah 148 dengan kriteria Sangat Baik, dan skor penilaian LKS oleh guru dengan rata-rata 72 berada pada kriteria Sangat Baik.; b) kepraktisan ditinjau dari hasil penilaian siswa terhadap LKS yang digunakan mempunyai kriteria baik dengan jumlah nilai 2853, dan berdasarkan basil observasi keterlaksanaan pembelajaran sebesar 95%, sehingga dapat disimpulkan RPP dan LKS yang digunakan dalam pembelajaran adalah praktis. Sedangkan c) aspek keefektifan dilihat dari hasil Tes Hasil Belajar (THB) siswa diperoleh persentase ketuntasan belajar klasikal kelas yang diteliti adalah 84% . Dengan demikian ketuntasan belajar mencapai kriteria baik, sehingga dapat disimpulkan bahwa RPP dan LKS yang digunakan dalam pembelajaran adalah efektif.