Kontribusi Iklim Komunikasi dan Kepemimpinan Kepala Sekolah terhadap Kompetensi Profesional Guru SMA Negeri di Kabupaten Pasaman

Main Author: Murni, Rasna
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2016
Subjects:
Online Access: http://repository.ut.ac.id/7553/1/42908.pdf
http://repository.ut.ac.id/7553/
Daftar Isi:
  • Berdasarkan pengamatan terbatas diperoleh gambaran masalah kompetensi profesional guru kurang mendapat perhatian, baik perhatian dari teman sejawat, kepala sekolah, maupun pengawas sekolah. Hasil pembicaraan dengan pengawas sekolah juga mengindikasikan bahwa guru umumnya belum menunjukkan kompetensi profesional yang baik. Hasil supervisi pengawas sekolah juga menunjukkan bahwa para guru belum menunjukkan perilaku mengajar yang diharapkan. Masih banyak guru yang terlambat, tidak masuk tanpa alasan yang jelas, penggunaan strategi yang monoton, kurang mau mengembangkan diri, dan sebagainya. Fenomena ini diduga berkaitan dengan beberapa faktor, misalnya iklim komunikasi dan kepemimpinan kepala sekolah. Penelitian ini bertujuan untuk mengungkapkan kontribusi faktor iklim komunikasi dan kepemimpinan kepala sekolah terhadap kompetensi profesional guru. Hipotesis yang diajukan adalah: 1) iklim komunikasi berkontribusi terhadap kompetensi profesional guru; 2) kepemimpinan kepala sekolah berkontribusi terhadap kompetensi profesional guru; dan 3) iklim komunikasi dan kepemimpinan kepala sekolah secara bersama-sama berkontribusi terhadap kompetensi profesional guru. Populasi penelitian ini adalah guru-guru SMA Negeri di Kabupaten Pasaman dengan jumlah sampel 62 orang. Data iklim komunikasi, kepernimpinan kepala sekolah, dan kompetensi profesional guru dikumpulkan dengan angket model skala Liker/. Data yang diperoleh dianalisis dengan teknik korelasi dan regresi. Hasil analisis data menunjukkan bahwa ketiga hipotesis yang diajukan telah teruji pada taraf signifikansi p < a=0,05 (taraf kepercayaan 95% ). Variabel ikl im komunikasi berkontribusi sebesar 15 ,8°/o terhadap kompetensi profesional guru dan variabel kepemimpinan kepala sekolah berkontribusi sebesar 12,6~·o terhadap kompetensi profesional guru. Secara bersama-sama, kontribusi iklim komunikasi dan kepemimpinan kepala sekolah terhadap kompetensi profesional guru adalah 16,2%. Simpulan penelitian ini adalah iklim komunikasi dan kepemimpinan kepala sekolah merupakan dua variabel, di samping variabel lain, yang perlu diperhatikan dengan baik untuk rneningkatkan kompetensi profesional guru SMA Negeri di Kabupaten Pasaman.