Analisis Kinerja Dinas Pendidikan Nasional Kabupaten Sumbawa
Main Author: | Basri, Hasan |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
, 2016
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.ut.ac.id/7549/1/42869.pdf http://repository.ut.ac.id/7549/ |
Daftar Isi:
- Sistem pengukuran kinerja yang dilakukan di Dinas Pendidikan Nasional Kabupaten Sumbawa belum memperlihatkan dengan jelas pencapaian visi organisasi karena hanya menggambarkan penilaian pencapaian kinerja pwgram dan kegiatan serta upaya organisasi hanya dinilai dari aspek keuangan saja. Untuk mengatasi hal tersebut maka dibutuhkan suatu system pengukuran kinerja yang lebih komprehensif dan dapat menggambarkan dengan jelas pencapaian visi organisasi. Salah satu sistem pengukuran kinerja yang dapat mengatasi hal tersebut adalah Balanced Scorecard (BSC) karena lebih mampu menjabarkan visi organisasi ke dalam tujuan-tujuan dan sasaran-sasaran strategis yang saling kait mengait menuju ke pencapaian visi dan misi organisasi. Untuk itu, studi kasus penelitian telah dilakukan di Dinas Pendidikan Nasional sebagai objek penelitian dengan menggunakan metode analisis deskriptif. Analisis dimulai dengan menguraikan sistem pengukuran kinerja dengan pendekatan BSC dan membuat pembuatan indikator pencapaian. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sistem pengukuran kinerja dengan pendekatan BSC memungkinkan untuk diimplementasikan di Dinas Pendidikan Nasional Kabupaten Sumbawa dan diharapkan dapat meningkatkan kualitas pelayanan pendidikan kepada masyarakat serta mampu mewujudkan akuntabilitas pengelolaan dana yang dialokasikan.