Pengembangan Modul Interaktif Dalam Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD Untuk Membangun Pemahaman Konsep Matematika

Main Author: Zuraida,
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: ind
Terbitan: , 2016
Subjects:
Online Access: http://repository.ut.ac.id/7544/1/42916.pdf
http://repository.ut.ac.id/7544/
Daftar Isi:
  • Pelaksanaan pendidikan pada saat ini tidak terlepas dari perkembangan Ilmu Pengetahuan dan Teknologi (IPTEK). Pemanfaatan IPTEK menjadikan kegiatan pembelajaran menjadi lebih efektif dan efisien dengan memanfaatkan berbagai jenis media secara bersamaan (multimedia). Berdasarkan hasil analisis kebutuhan di SMAN 7 Bandar Lampung, diketahui bahwa guru dan siswa sangat membutuhkan multimedia pembelajaran berupa modul interaktif. Hasil observasimengindikasikan materi Sistem Persamaan Linear Dua V ariabel (SPLDV) merupakan salah satu materi matematika yang dipandang sulit dan menjenuhkan bagi siswa. Maka diperlukan model pembelajaran kooperatif yang berorientasi pada siswa dan dapat menuntun siswa mengkonstruksi pengetahuannya. Sehingga perlu dikembangkan suatu altematif multimedia pembelajaran berupa modul pembelajaran interaktif pada materi SPLDV menggunakan pembelajaran kooperatif tipe STAD (Student-Teams-Achievemen- Divisions) agar siswa dapat memahami konsep matematika dengan baik. Modul interaktif yang dikembangkan menggunakan program macromedia flash. Prosedur pengembangan modul interaktif ini menggunakan desain pengembangan Sadiman, dkk (2011: 39). Subjek uji coba lapangan kelompok kecil diberikan kepada 32 orang siswa kelas X SMA N 7 Bandar Lampung. Berdasarkan hasil angket pada uji lapangan kelompok kecil diperoleh basil bahwa modul interaktif yang dikembangkan menarik, mudah, dan sangat bermanfaat bagi siswa. Berdasarkan hasil nilai tes yang diperoleh siswa-siswa tersebut, diketahui 78% siswa mendapatkan nilai di atas KKM (Kriteria Ketuntasan Minimal). Hasil ini menunjukkan bahwa modul interaktif sudah teruji kualitasnya (kemenarikan, kemudahan, dan kemanfaatan) dan efektif digunakan sebagai media pembelajaran untuk membangun pemahaman konsep matematika.