Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik Berbasis Pendidikan Matematika Realistik dalam Memfasilitasi Disposisi Matematis dan Kemampuan Berpikir Kritis Peserta Didik

Main Author: Wachid, Abdul
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: ind
Terbitan: , 2016
Subjects:
Online Access: http://repository.ut.ac.id/7541/1/42871.pdf
http://repository.ut.ac.id/7541/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) berbasis Pendidikan Matematika Realistik (PMR). Pengembangan LKPD ini mengikuti prosedur 4-D yang dengan tahapan: (1) Definition, (2) Design, (3) Develope, (4) Dissemine. Namun, dalam penelitian ini tidak dilaksanakan sampai dissemine sehingga hasilnya berupa prototipe akhir (draft 2). LKPD yang dikembangkan dinyatakan valid oleh ahli materi maupun media dengan nilai rata-rata validitas ahli materi maupun ahli kegrafisan sebesar 4,45. Tugas-tugas untuk peserta didik maupun uji kompetensi telah valid, reliabel,memiliki tingkat kesulitan dengan kategori sedang dan tinggi serta telah memiliki daya pembeda yang baik. Begitu juga untuk lembar observasi dan lembar angket juga sudah valid dan reliabel. Hasil uji coba menunjukkan bahwa LKPD Matematika dengan pendekatan PMR yang dikembangkan memfasilitasi disposisi matematis dan kemampuan berpikir kritis peserta didik. Hal ini ditunjukkan dengan persentase kemunculan indikator disposisi matematis yaitu sebesar 80,55 % dan kemunculan indikator kemampuan berpikir kritis sebesar 85,31 % . Selanjutnya, berdasarkan basil penelitian maka LKPD Matematika dengan pendekatan PMR dapat diimplementasikan dalam pembelajaran matematika untuk karakteristik peserta didik yang sama dalam lingkup yang Jebih luas. Namun perlu kiranya dilakukan usaha pengembangan untuk meningkatkan kualitasnya.