Kinerja Guru Penerima Tunjangan Profesi dalam Melaksanakan Tugas Mengajar di SMPN 07 Mukomuko
Main Author: | Nurlaili, |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
, 2016
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.ut.ac.id/7540/1/42919.pdf http://repository.ut.ac.id/7540/ |
Daftar Isi:
- Berbagai upaya peningkatan kualitas guru telah dilakukan pemerintah, salah satunya adalah melalui program sertifikasi guru. Namun kenyataan yang berkembang adalah bahwa program sertifikasi temyata tidak sesuai dengan yang diharapkan, guru yang telah lolos sertifikasi temyata tidak menunjukkan kualitas yang diharapkan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kinerja guru setelah memperoleh tunjangan profesional melalui program sertifikasi guru. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif komparatif. Populasinya adalah guruguru SMPN 07 Mukomuko yang telah mengikuti program sertifikasi dan menerima tunjangan profesi. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik multistage sampling. Pengumpulan data dilakukan melalui wawancara, observasi dan telaah dokumentasi, sedang analisis datanya dilakukan secara kualitatif. Hasil penelitiannya menunjukkan bahwa kinerja guru pasca sertifikasi, baik secara keseluruhan, maupun dilihat dari aspek perencanaan pembelajaran, pelaksanaan pembelajaran, penilaian pembelajaran, semuanya menunjukkan kinerja yang sudah memenuhi standar. Penelitian juga menunjukkan bahwa terdapat perbedaan kinerja antara yang menerima tunjangan profesi. Rekomendasi yang diajukan adalah hendaknya pelaksanaan program sertifikasi lebih ditujukan pada peningkatan kesadaran guru akan pentingnya peningkatan kinerja mereka dalam peningkatan kualitas pendidikan di SMPN 07 Mukomuko.