lmplementasi Pembelajaran Klinik dalam Pencapaian Kemampuan Penalaran dan Minat Belajar Matematika Siswa Kelas XI SMK Negeri 1 Seteluk Kabupaten Sumbawa Barat
Main Author: | Mashudi, |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
, 2016
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.ut.ac.id/7533/1/42844.pdf http://repository.ut.ac.id/7533/ |
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui : 1 ). Pencapaian kemampuan penalaran matematis, 2). Minat belajar siswa, 3). Perbedaan pencapaian kemampuan penalaran matematis, 4). Hubungan antara minat belajar dengan kemampuan penalaran matematis. Metode yang duganakan dalam penelitian ini adalah metode eksperimen murni (true eksperimenta/ research) dengan desain penelitian menggunakan Randomized Two-groups Design Post Test Only. Pengumpulan data menggunakan tes uraian dan angket minat, data yang diperoleh dianalisis secara kuantitatif. Hasil penelitian menunjuk:kan bahwa : 1 ). Pencapaian kemampuan penalaran matematis siswa yang memperoleh metode pembelajaran klinik lebih tinggi dari pada siswa yang memperoleh pembelajaran konvensional, 2). minat belajar siswa yang memperoleh metode pembelajaran klinik lebih tinggi dari pada siswa memperoleh pembelajaran konvensional, 3). tidak ada perbedaan pencapaian kemampuan penalaran matematis antara siswa yang memiliki kemampuan awal matematika tinggi, sedang, dan rendah baik yang memperoleh metode pembelajaran klinik mauapun pembelajaran konvensional, 4). terdapat pengaruh dan hubungan antara minat belajar dengan kemampuan penalaran matematis antara siswa yang memperoleh metode pembelajaran klinik dan pembelajaran konvensional.