Pengembangan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think-Pair-Share dengan Penemuan Terbimbing (Guided Discovery) pada Mata Pelajaran Matematika SMP

Main Author: Latief, Abdul
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: ind
Terbitan: , 2017
Subjects:
Online Access: http://repository.ut.ac.id/7526/1/43111.pdf
http://repository.ut.ac.id/7526/
Daftar Isi:
  • Tujuan artikel ini untuk menjelaskan proses pengembangan dan implementasi model untuk mengajar matematika yang mengintegrasikan pembelajaran kooperatif, think-pair-share dan penemuan terbimbing. Proses pengembangan menggunakan model plomp yang terdiri dari 5 tahap yaitu : investigasi, desain, realisasi, tes-evaluasi-revisi, serta implementasi. Validasi model dilakukan dengan menghitung rataan penilaian ahli dan guru praktisi, sedangkan keefektifan model dengan memanfaatkan basil tes individu siswa. Model terbukti valid, praktis, dan efektif dengan terpenuhinya syarat langkah-langkah pembelajaran dan prestasi siswa.