Pengembangan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think-Pair-Share dengan Penemuan Terbimbing (Guided Discovery) pada Mata Pelajaran Matematika SMP
Main Author: | Latief, Abdul |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
, 2017
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.ut.ac.id/7526/1/43111.pdf http://repository.ut.ac.id/7526/ |
Daftar Isi:
- Tujuan artikel ini untuk menjelaskan proses pengembangan dan implementasi model untuk mengajar matematika yang mengintegrasikan pembelajaran kooperatif, think-pair-share dan penemuan terbimbing. Proses pengembangan menggunakan model plomp yang terdiri dari 5 tahap yaitu : investigasi, desain, realisasi, tes-evaluasi-revisi, serta implementasi. Validasi model dilakukan dengan menghitung rataan penilaian ahli dan guru praktisi, sedangkan keefektifan model dengan memanfaatkan basil tes individu siswa. Model terbukti valid, praktis, dan efektif dengan terpenuhinya syarat langkah-langkah pembelajaran dan prestasi siswa.