Analisis Pengaruh Gaya kepemimpinan Kepala Sekolah Terhadap Kinerja Guru Sekolah Dasar Negeri Tersertifikasi di Unit Pelaksana Teknis Dinas (UPTD) Pendidikan dan Kebudayaan Kecamatan Lembar Lombok Barat
Main Author: | Rohanah, Erni |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2013
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.ut.ac.id/751/1/41318.pdf http://repository.ut.ac.id/751/ |
Daftar Isi:
- Tujuan dari penelitian ini menganalisis secara parsial dan simultan pengaruh gaya kepemimpinan kepala sekolah (Direktif, Suportif, Partisipatif dan Goal Oriented) terhadap kinerja guru sekolah dasar negeri tersertifikasi di Unit Pelaksana Teknis Dinas (UPTD) Pendidikan dan Kebudayaan Kecamatan Lembar. Desain penelitian yang digunakan adalah penelitian asosiatif yang dirancang untuk mendapatkan informasi tentang pengaruh variabel independen terhadap variabel dependen. Populasi penelitian ini adalah guru dan kepala sekolah di Unit Pelaksana Teknis Dinas (UPTD) Pendidikan dan Kebudayaan Kecamatan Lembar. Responden sebanyak 66 orang dengan menggunakan teknik sensus yaitu semua guru PNS Sekolah Dasar Negeri yang tersertifikasi sejak tahun 2006-2012. Data dikumpulkan melalui daftar pertanyaan untuk menganalisis gaya kepemimpinan kepala sekolah dan dokumentasi untuk melihat kinerja guru tersertifikasi. Analisa data dilakukan melalui uji asumsi klasik, analisis regresi berganda, dan uji hipotesis. Hasil penelitian ini diperoleh gambaran bahwa secara parsial variabel gaya kepemimpinan Direktif berpengaruh sebesar 56,5%, variabel gaya kepemimpinan Suportif berpengaruh sebesar 26,4%, variabel gaya kepemimpinan Partisipatif berpengaruh sebesar 30,7%, dan variabel gaya kepemimpinan Goal Oriented berpengaruh sebesar 37,1% terhadap kinerja guru sekolah dasar negeri tersertifikasi. Secara simultan variabel gaya kepemimpinan kepala sekolah berpengaruh signifikan sebesar 0,258. Artinya kinerja guru tersertifikasi dipengaruhi oleh gaya kepemimpinan kepala sekolah sebesar 25,8% dan sisanya dipengaruhi oleh variabel lain diluar model. Variabel gaya kepemimpinan kepala sekolah mempunyai arah koefisien positif terhadap kinerja guru. Artinya jika gaya kepemimpinan kepala sekolah ditingkatkan maka akan meningkatkan kinerja guru, begitupula sebaliknya jika gaya kepemimpinan kepala sekolah diturunkan maka akan menurunkan kinerja guru. Kesimpulan yang dapat di ambil dari penelitian ini adalah gaya kepemimpinan kepala sekolah secara parsial dan simultan berpengaruh signifikan terhadap kinerja guru sekolah dasar negeri tersertifikasi di Unit Pelaksana Teknis Dinas (UPTD) Pendidikan dan Kebudayaan Kecamatan Lembar.