Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think-Pair-Share (TPS) Terhadap Kemampuan komunikasi Matematis Siswa SMA

Main Author: Lusiawati, Eni
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2013
Subjects:
Online Access: http://repository.ut.ac.id/738/1/41467.pdf
http://repository.ut.ac.id/738/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe Think-Pair-Share (TPS) terhadap peningkatan kemampuan komunikasi matematis siswa SMA. TPS adalah model pembelajaran yang dilaksanakan dalam 3 tabapan yaitu berpikir, berpasangan, dan berbagi. Populasi penelitian adalah siswa kelas X SMA Negeri I Terusan Nooyai taboo pelajaran 2012/2013 yang berjumlah 220 orang dan tersebar dalam 7 kelas. Penelitian ini menggunakan rancangan kuasi eksperimen dengan desain pretest-posttest control group design dengan teknik pengambilan sampel adalah purposive sampling yaitu pengambilan sampel dipilih berdasarkan kelas yang memiliki rata-rata nilai matematika relatif sarna. Kelas yang terpilih adalah kelas XI sebagai kelas eksperimen (model pembelajaran kooperatif tipe TPS) dan kelas ~ sebagai kelas kontrol (model pembelajaran langsung). Teknik pengumpulan data menggunakan tes yang terdiri dari 2 bagian yaitu pretes dan postes. Selanjutnya, perolehan data dianalisis dengan menggunakan uji-t. Hasil penelitian menunjukkan bahwa siswa yang memperoleh model pembelajaran kooperatif tipe TPS mencapai skor lebih tinggi daripada siswa yang memperoleh model pembelajaran langsung, sehingga disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran kooperatif tipe TPS berpengaruh terhadap peningkatan kemampuan komunikasi matematis siswa SMA.