Peran Kompetensi Profesional dan Kompetensi Pedagogik Guru terhadap Prestasi Belajar Siswa Kelas X dan XI dalam Pembelajaran bahasa Inggris di SMA Negeri 1 Lubuk Sikaping Kabupaten Pasaman
Main Author: | Era, Nefida |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
, 2016
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.ut.ac.id/7372/1/42906.pdf http://repository.ut.ac.id/7372/ |
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis: (1) peran kompetensi profesional guru terhadap prestasi belajar siswa kelas X dan XI dalam pembelajaran Bahasa lnggris di SMA Negeri I Lubuk Sikaping Kabupaten Pasaman. (2) Peran kompetensi pedagogik guru terhadap prestasi belajar siswa kelas X dan XI dalam pembelajaran Bahasa Inggris di SMA Negeri 1 Lubuk Sikaping Kabupaten Pasaman. (3) Upaya-upaya meningkatkan kompetensi profesional dan kompetensi pedagogik guru terhadap prestasi belajar siswa kelas X dan XI dalam pembelajaran bahasa lnggris di SMA Negeri I Lubuk Sikaping Kabupaten Pasaman. Jenis penelitian rm adalah kualitatif deskriptif. Pengumpulan data dilakukan dengan studi dokumentasi, observasi dan teknik wawancara terhadap Key Jnforman. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (I)Peran kompetensi profesional guru terhadap prestasi belajar siswa kelas X dan XI dalam pembelajaran bahasa lnggris di SMA Negeri I Lubuk Sikaping Kabupaten Pasaman, umumnya sudah memenuhi kriteria sebagai guru profesional. Namun,ada satu dimensi kompetensi profesional yang belum maksimal terpenuhi, yaitu dimensi ke-10 tentang pelaksanaan penelitian dan berpikir ilmiah. (2) Peran kompetensi pedagogik guru terhadap prestasi belajar siswa kelas X dan XI dalam pembelajaran Bahasa Inggris di SMA Negeri 1 Lubuk Sikaping Kabupaten Pasaman, umumnya juga sudah memenuhi kriteria sebagai guru profesional. Namun, masih ada dimensi yang belum maksimal terpenuhi, yaitu dimensi ke-9 dan ke-10, tentang penggunaan informasi hasil penilaian dan evaluasi untuk merancang program remedial dan pengayaan serta melakukan Penelitian Tindakan Kelas. Walaupun kompetensi profesional dan kompetensi pedagogik guru tersebut umumnya sudah berperan, namun dimensi kompetensi profesional yang ke-10 dan kompetensi pedagogik ke-9 dan ke-10, perlu lebih ditingkatkan,agar prestasi belajar siswa dapat lebih meningkat. (3) Perlu upaya-upaya untuk meningkatkan peran kompetensi profesional dan kompetensi pedagogik guru terhadap prestasi belajar siswa kelas X dan XI dalam pembelajaran bahasa Inggris di SMA Negeri 1 Lubuk Sikaping Kabupaten Pasaman, seperti melakukan penelitian, terutama penelitian tindakan kelas (PTK), pelatihan-pelatihan, penataran, dan seminar. Melalui upaya-upaya peningkatan peran kompetensi profesional dan kompetensi pedagogik guru tersebut, diharapkan juga prestasi belajar siswa dapat lebih meningkat.