Distribusi Frekuensi Kekerapan Kunjungan Pasien Rawat Jalan Di Klinik Pratama

Main Authors: Ignatius, Danny Pattirajawane, Siti, Khodijah, Erfen, Gustiawan Suwangto
Format: Proceeding PeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2017
Subjects:
Online Access: http://repository.ut.ac.id/7315/1/20.%20Ignatius%20Danny%20Pattirajawane%2C%20Siti%20Khodijah%2C%20Erfen%20Gustiawan%20Suwangto.pdf
http://repository.ut.ac.id/7315/
http://www.ut.ac.id/
Daftar Isi:
  • Penggunaan sistem informasi manajemen klinik atma jaya (SIMKAJ) pada rekam medis di klinik pratama adalah salah satu penerapan konsep “smart city” dalam bidang kesehatan. Salah satu data penting yang diperoleh dari SIMKAJ untuk menilai status kesehatan masyarakat dan keberhasilan program kesehatan preventif dan promotif adalah kekerapan pasien berkunjung untuk berobat. Penelitian ini bertujuan untuk mempelajari distribusi frekuensi kekerapan kunjungan pasien rawat jalan yang berkunjung di klinik pratama Atma Jaya Semanggi. Data yang digunakan adalah data kunjungan harian pasien pemegang asuransi di Klinik Atma Jaya Semanggi selama periode bulan Agustus hingga Desember 2016 dari gudang data SIMKAJ. Dalam penelitian ini akan dihitung mean dan simpangan baku kekerapan kunjungan pasien per 1, 2, 3, 4, 5 bulan. Kemudian plot distribusi frekuensi kekerapan kunjungan pasien akan ditampilkan secara visual dan dilakukan uji kebaikan suai atas distribusi frekuensi relatif kekerapan kunjungan pasien atas distribusi probabilitas poisson dengan mean yang terkait. Hasil penelitian menunjukan kunjungan pasien asuransi di klinik Atma Jaya Semanggi berdistribusi poisson. Penelitian ini dilakukan pada populasi karyawan Atma Jaya peserta asuransi swasta dan keluarganya dengan struktur komposisi usia populasi yang spesifik sehingga direkomendasikan dilakukan lagi pada populasi lain dengan struktur komposisi usia yang berbeda.