Model Pembelajaran Kooperatif Strategi Think-Talk-Write dengan Pendekatan Saintifik untuk Meningkatkan Kemampuan Komunikasi Matematis Materi Operasi Bentuk Aljabar
Main Author: | Agus, Tutur |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
, 2015
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.ut.ac.id/7244/1/42776.pdf http://repository.ut.ac.id/7244/ |
Daftar Isi:
- Penelitian ini untuk menghasilkan pengembangan perangkat pembelajaran yang valid, praktis dan efektif Pengembangan perangkat dengan menggunakan model 4-D yang disederhanakan menjadi 3-D yaitu : define, design, dan develop. Subyek uji coba adalah siswa kelas VIII SMP 4 Bojong, terdiri dari 3 kelas dengan klaster sampling terpilih satu kelas eksperimen dan satu kelas kontrol. Variabel independen meliputi keaktifan dan keterampilan komunikasi matematis, variabel dependen adalah kemampuan komunikasi matematis. Variabel keaktifan dan keterampilan komukasi matematis diambil melalui pengamatan, sedangkan untuk kemampuan komunikasi matematis diukur melalui tes (TKKM). Teknik analisis data dilakukan dengan analisis deskriptif, uji t, uji z, dan analisis regresi. Hasil validasi terhadap semua perangkat yang dikembangkan masuk dalam kategori sangat baik yang tercermin dari nilai rata-rata validator untuk silabus 4, 11, RPP 4,11 Buku siswa 4,12, LKS 4,10 dan TKKM 4,08. Pengelolaan pembelajaran menunjukkan 4,49 kategori sangat baik dan respon siswa positif. Hasil uji coba diperoleh pembelajaran efektif dengan nilai rata-rata kemampuan komunikasi matematis 76,71 dan ketuntasan klasikal 88% melebihi KKM yang ditentukan sebesar 70 dan ketuntasan klasikal 75%. Keaktifan siswa dan keterampilan komunikasi matematis secara bersama-sama berpengaruh positif terhadap kemampuan komunikasi matematis sebesar 81, 4 %. Rat:i-rata kemampuan komunikasi matematis kelas eksperimen 76,71 dan kelas kontrol 68,63. Rata-rata skor gain hasil tes kemampuan komunikasi matematis siswa kelas eksperimen 0,6 dan kelas kontrol 0,4. Disimpulkan perangkat pembelajaran dengan model pembelajaran Kooperatif Tipe TTW dengan pendekatan saintifik adalah valid, praktis dan efektif