Studi Tentang Hubungan Antara Motivasi, Kebutuhan Berprestasi, Orientasi Nilai Dan Keinovatifan Dengan Keberhasilan Usaha Pengusaha Industri Kecil di Jakarta
Main Author: | Imam, Chourmain |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
, 1991
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.ut.ac.id/7236/1/40078.pdf http://repository.ut.ac.id/7236/ |
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk mengungkapkan apakah terdapat hubungan antara motivasi, ke butuhan berprestasi, orientasi nilai dan keinovatifan dengan keberhasilan usaha pengusaha industri kecil. Pengusaha industri kecil yang pernah mengikuti Latihan Motivasi Berprestasi yang diselenggarakan oleh Departemen Perindustrian dijadikan objek pengamatun dalam penelitian ini. Faktor-faktor yang digunakan untuk mengukur motivasi, dibatasi pada motivasi kebutuhan pisik, kebutuhan akan keamanan, kebutuhan memiliki dan dikasihi, kebutuhan harga diri dan kebutuhan mengaktualisasikan diri. Faktor-faktor yang digunakan untuk mengukur kebutuhan berprestasi dibatasi pada aspirasi pencapaian sukses, keberanian menanggung risiko, daya tahan dan ketekunan, persepsi terhadap waktu, sikap dan perilaku berprestasi. Faktor-faktor orientasi nilai dibatasi pada orientasi terhadap manusia dan kehidupan, alam, waktu, pekerjaan. dan orientasi terhadap hubungan dengan sesama manusia. Keinovatifan diukur menurut sikap,peran, karakteristik, waktu dan perilaku inovasi. Sedangkan keberhasilan usaha diukur menurut keberhasilan dalam proses produksi, organisasi dan manajemen, pemasaran, keuangan dan permodalan. Populasi sasaran penelitian terdiri atas seluruh pengusaha industri kecil pakaian jadi (konfeksi) di Jakarta Selatan yang pernah mengikuti Latihan Motivasi Berprestasi. Sampel terdiri atas 88 orang pengusaha industri kecil konveksi di tiga belas sentra industri kecil yang pernah mengikuti Latihan Motivasi Berprestasi, dan sampel dijarin g dengan menggunakan metode stratifikasi proporsional (proportional stratified random sampling), Metode penelitian yang dipergunakan ialah survai dengan teknik cross-sectional. [Jata yang diperoleh merupakan data berskala interval dan dikumpulkan melalui kuesioner dan analisis konten. Teknik analisis statistik yang digunakan adalah analisis regresi ganda. Pengujian hipotesis dilakukan pada taraf signifikansi 0.05 Penelitian menyimpulkan bahwa antara motivasi dengan keberhasilan usaha terdapat hubungan positif; antara kebutuhan berprestasi dengan keberhasilan usaha terdapat hubungan positif. Juga penelitian menyimpulkan bahwa antara orientasi nilai dengan keberhasilan usaha terdapat hubungan positif, dan akhirnya kesimpulan yang sama juga menyatakan bahwa .antara keinovatifan dengan keberhasilan usaha terdapat hubungan positif. Selanjutnya hasil penelitian juga menyimpulkan bahwa antara motivasi, kebutuhan berprestasi, orientasi nilai dan keinovatifan secara bersama-sama dengan keberhasilan usaha terdapat hubungan positif. Secara keseluruhan dapat pula ditarik kesimpulan bahwa keberhasilan usaha pengusaha industri kecil dapat diramalkan jika motivasi, kebutuhan berprestasi, orientasi nilai dan keinovatifan diketahui. Dengan demikian sebagai kesimpulan umum dari hasil penelitian ini dapat dikemukakan bahwa motivasi, kebutuhan berprestasi, orientasi nilai dan keinovatifan pengusaha industri kecil memberikan sumbangan bagi keberhasilan usaha mereka.