Etika Komunikasi dalam Pembelajaran Jarak Jauh
Main Author: | Sediyaningsih, Sri |
---|---|
Format: | BookSection PeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
Universitas Terbuka
, 2017
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.ut.ac.id/7213/1/fhisip2017-11.pdf http://repository.ut.ac.id/7213/ |
Daftar Isi:
- Banyak definisi yang diberikan kepada pembelajaran secara online. Namun pada intinya adalah proses pembelajaran dalam bentuk kelas yang menggunakan media, baik itu elektronik maupun cetak. Dalam proses interaksi pembelajaran jarak jauh mengacu pada interaksi antara guru dan mahasiswa, mahasiswa dan mahasiswa dan mahasiswa dengan materi ajar utama. Pada pembelajaran online banyak proses pembelajarannya melalui internet atau media lain yang sifat interaksinya synchronous dan asynchronous. Synchronous adalah bentuk interaksi yang secara langsung mendapatkan umpan balik walaupun tidak melalui tatap muka, misalnya melalui skype, webinar atau video conference. Sedangkan asynchronous ada perbedaan waktu dalam berinteraksi, misalnya melalui email. Semua pada dasarnya adalah pembelajaran yang menggubnakan internet atau aplikasi web sebagai media untuk pengalaman belajar (EāLearning Advisory,2002), dilain pihak ada yang mengatakan bahwa pembelajaran online adalah pembelajaran yang difasilitasi dan didukung oleh teknologi komunikasi dan informasi.