Layanan Rakyat untuk Sertifikasi Tanah (Larasita): Upaya Tertib Administrasi dan Kepastian Hukum melalui Pendaftaran Tanah
Main Author: | Khanifa, Nurma Khusna |
---|---|
Format: | BookSection PeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
Universitas Terbuka
, 2017
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.ut.ac.id/7206/1/fhisip2017-04.pdf http://repository.ut.ac.id/7206/ |
Daftar Isi:
- Melalui survei yang dilakukan oleh Lembaga Studi Pembangunan Kebijakan dan Masyarakat pada tahun 1999/2000, ditemukan bahwa terdapat 4 (empat) sektor pelayanan publik yang memungut biaya tidak resmi yaitu sektor perumahan, industri dan perdagangan, kependudukan dan pertanahan. Dalam sektor‐sektor tersebut, antara 56 ‐ 70% pegawainya dituding menerima suap oleh para responden yang merupakan rekan kerjanya sendiri. Melihat kondisi tersebut, pemerintah harus memiliki kemampuan untuk melakukan inovasi dan perubahan. Sistem kerja birokrasi pemerintahan, baik di pusat maupun di daerah didorong untuk menuju kearah yang lebih baik. Salah satu inovasi yang bisa dilakukan pemerintah dalam upaya peningkatan pelayanan publik adalah dengan menerapkan pelayanan yang berbasis teknologi (internet), yang sering dinamakan dengan e‐government. Melalui pengembangan e‐government, dilakukan penataan sistem manajemen dan proses kerja di lingkungan pemerintah daerah otonom dengan mengoptimasikan pemanfaatan teknologi informasi.