Pengembangan Perangkat Pembelajaran Dengan Pendekatan Problem Posing Terintegrasi scientific approach pada materi pola bilangan,barisan dan deret Di Kelas IX SMP Negeri 1 Bangil
Main Author: | Harminto, |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
, 2016
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.ut.ac.id/7201/1/42778.pdf http://repository.ut.ac.id/7201/ |
Daftar Isi:
- Pelajaran matematika bagi sebagian pesera didik merupakan pelajaran yang sulit, tidak menyenangkan atau kadang menakutkan, sehingga pesera didik tidak termotivasi untuk belajar matematika secara mendalam. untuk menginformasikan agar pesera didik merasa senang dan tidak mengalami kebosanan dalam pembelajaran matematika guna melakukan berbagai pendekatan pembelajaran agar pesera didik tertarik dan termotivasi dalam mengikuti pembelajaran. Agar mendapatkan kelebihan dari dua pendekatan yang berbeda, dalam penelitian ini digunakan pendekatan pembelajaran prohlem posing terintegrasi Scientific Approach. Dengan mengintegrasikan dua pendekatan ini, diharapkan pembelajaran menjadi lebih bermakna bagi mereka dan lebih menyenangkan. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah untuk menghasilkan perangkat pembelajaran dengan pendekatan prohlem posing terintegrnsi Seienlific Approach pada materi pola bilangan, barisan dan deret di Sekolah Menengah Pertama dan mendeskripsikan keefektifan pembelajaran ini. Pengembangan perangkat pembelajaran dilakukan dengan mengadopsi kesembilan unsur model desain sistem pembelajaran Kemp. Perangkat pembelajaran yang dihasilkan berupa: (1) Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP), (2) Lembar Kerja Peserta Dididk (LKPD), dan (3) Tes Hasil Belajar (THB). Penelitian ini dilakukan untuk mendeskripsikan keefektifan pembelajaran dengan pendekatan problem posing terintegrasi Scientific Approach pada materi pola bilangan, barisan dan deret. Pembelajaran ini dikatakan efektif jika memenuhi indikator yaitu (I) ketuntasan basil belajar secara klasikal tercapai, (2) respon pesera didik terhadap pembelajaran positif, dan (3) kemampuan guru dalam mengelola pembelajaran baik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (l) dengan mengadopsi kesembilan unsur model desain sistem pembelajaran Kemp, diperoleh perangkat pembelajaran dengan pendekatan problem posing terintegrasi Scientific Approach pada materi pola bilangan, barisan dan deret yang baik yaitu memenuhi kriteria valid, praktis dan efektif, (2) pembelajaran dengan pendekatan problem posing terintegrasi Scientific Approach efektif untuk mengajarkan materi materi pola bilangan1 barisan dan deret di SMP Negeri I Bangil karena telah memenuhi tiga indikator yaitu ketuntasan has ii belajar secara klasikal sebesar 100 %, respon pesera didik positif, dan nilai rata-rata kemampuan guru mengelola pembelajaran untuk setiap RPP berkategori baik dan sangat baik.Kata Kunci: problem posing,scientific approach,pola bilangan,barisan dan deret