Pengaruh Penggunaan Metode Penemuan Terbimbing Terhadap Pemahaman Konsep dan Disposisi Matematis Siswa
Main Author: | Tobiin, |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
, 2014
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.ut.ac.id/7200/1/42754.pdf http://repository.ut.ac.id/7200/ |
Daftar Isi:
- Penelitian kuasi eksperimen ini bertujuan untuk mengetahui: (1) perbedaan pemahaman konsep matematika siswa yang memperoleh pembelajaran dengan metode penemuan terbimbing dengan siswa yang memperoleh pembelajaran konvensional, (2) perbedaan disposisi matematis siswa yang memperoleh pembelajaran dengan metode penemuan terbimbing dengan siswa yang memperoleh pembelajaran konvensional, dan (3) hubungan antara pemahaman konsep matematika dan disposisi matematis siswa. Populasi penelitian adalah seluruh siswa kelas IX SMPN 1 Sungkai Utara Tahun Pelajaran 2013/2014 berjumlah 133 siswa dengan sampel kelas IXB sebagai kelas eksperimen yang memperoleh pembelajaran dengan metode penemuan terbimbing dan kelas IXC sebagai kelas kontrol yang memperoleh pembelajaran konvensional. Desain penelitian yang digunakan Posttest-Only Control Design. Instrumen dalarn penelitian ini berupa tes pilihan ganda untuk mengumpulkan data pemahaman konsep dan angket untuk mengumpulkan skala disposisi matematis. Data yang diperoleh dianalisis menggunakan uji-t dan uji korelasi Pearson product moment, setelah dilakukan uji normalitas dan homogenitas. Dari basil penelitian dapat disimpulkan bahwa: (1) pemahaman konsep matematika siswa yang memperoleh pembelajaran dengan metode penemuan terbimbing lebih baik dibandingkan siswa yang memperoleh pembelajaran konvensional, (2) disposisi matematis siswa yang memperoleh pembelajaran dengan metode penemuan terbimbing lebih baik dibandingkan siswa yang memperoleh pembelajaran konvensional, dan (3) hasil penelitian juga menunjukkan adanya korelasi positif antara pemahaman konsep dan disposisi matematis.