Pengaruh Sistem Tutorial, Strategi Latihan dan Faktor 'Locus of Control' Mahasiswa terhadap Prestasi Belajar Matematika dalam Sistem Belajar Mandiri di Universitas Terbuka: Sebuah Studi Eksperimen di Universitas Terbuka UPBJJ Manado (1985)
Main Author: | Kotambunan, J. E. Nelly |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
, 1989
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.ut.ac.id/7184/1/00645.pdf http://repository.ut.ac.id/7184/ |
Daftar Isi:
- Penelitian ini terutama bertujuan untuk mengetahui perbedaan pengaruh antara Sistem Tutorial yang menggunakan Kelompok Kecil dengan Sistem Tutorial yang menggunakan Kelompok Besar terhadap prestasi belajar matematika mahasiswa Universitas Terbuka. Di samping itu, penelitian ini juga bertujuan untuk mengetahui 'perbedaan pengaruh antara Strategi Latihan Frekuensi Tinggi dengan Strategi Latihan Frekuensi Rendah, dan antara 'Locus of Control' Internal dengan 'Locus of Control' Eksternal, serta pengaruh interaksi antara Sistem Tutorial dengan Strategi Latihan, antara Sistem Tutorial dengan 'Locus of Control', serta antara ketiga faktor tersebut, terhadap prestasi belajar matematika mahasiswa. Penelitian ini dilaksanakan di UT-UPBJJ Manado pada semester satu tahun akademik 1985/1986. Metode penelitian ini adalah eksperimen lapangan ('quasi-experimenti) dengan menggunakan rancangan faktorial 2 x 2 x 2, serta sampel sebesar 64 orang mahasiswa dari Program Ekonomi dan Studi Pembangunan. Prestasi belajar diukur Matematika, yang telah disusun dengan menggunakan Tes untuk mengukur prestasi belajar mahasiswa berdasarkan aspek ranah kognitif, dengan rentangan -skor antara 0 sampai dengan 50. Skala 'Locus of Control', dengan rentangan skor antara 36 sampai dengan 180, telah digunakan untuk mengelompokkan mahasiswa ke dalam kategori internal dan eksternal.