Pembelajaran Matematika Dengan Pendekatan Open-Ended Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Dan Komunikasi Matematis Siswa (Studi Eksperimen Siswa Kelas XI Semester I SMKN 2 Metro TP 2013-2014)
Main Author: | Sri, Harnani |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
, 2014
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.ut.ac.id/7179/1/42649.pdf http://repository.ut.ac.id/7179/ |
Daftar Isi:
- Penelitian eksperimen semu ini berfokus pada upaya untuk mengetahui kualitas peningkatan kemampuan berpikir kritis dan komunikasi matematis siswa SMK(Sekolah Menengah Kejuruan) sebagai akibat penerapan pembelajaran matematika dengan pendekatan Open-ended dibanding dengan pembelajaran konvensional. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI SMK Negeri 2 Metro Lampung, Tahun Pelajaran 2013/2014. Sampel penelitian ini kelas XI TPHP2 sebagai kelas eksperimen, yang diterapkan pembelajaran dengan pendekatan openended, dan kelas XI TPHP 1 sebagai kelas kontrol yang diterapkan pembelajaran konvensional. Desain penelitian ini adalah "Pretes-Postes Control Group Design" Instrumen penelitian ini menggunakan seperangkat tes esai untuk mengumpulkan data kemampuan berpikir kritis dan komunikasi matematis. Data yang diperoleh dianalisis menggunakan uji-t, setelah dilakukan uji normalitas dan homogenitas. Hasil penelitian menyimpulkan bahwa: kemampuan berpikir kritis dan komunikasi matematis siswa yang mendapat pembelajaran dengan pendekatan open-ended lebih tinggi dibandingkan dengan siswa yang mendapat pembelajaran konvensional. Penggunaan LKS dan soal-soal terbuka meningkatkan aktivitas belajar dan siswa memiliki sikap positif terhadap pembelajaran dengan pendekatan open-ended.