Pengembangan Perangkat Pembelajaran Problem Based Learning Dengan Pendekatan Saintifik Dalam Peningkatan Hasil Belajar Siswa Materi Aritmetika Sosial Kelas VII SMP Negeri 9 Probolinggo

Main Author: Subaidah,
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: ind
Terbitan: , 2015
Subjects:
Online Access: http://repository.ut.ac.id/7167/1/42742.pdf
http://repository.ut.ac.id/7167/
Daftar Isi:
  • Dengan diberlakukannya kurikulum 2013, telah terjadi perubahan paradigma pembelajaran dari pembelajaran berpusat pada guru menuju pembelajaran berpusat pada siswa melalui pendekatan saintifik. Berbagai persoalan mulai bermunculan dari penyiapan bahan ajar, pemilihan metode serta penilaiannya. Rata-rata basil belajar matematika kelas VII SMP pada semester ganjil tahun pelajran 2014-2015 belum 70% siswa mencapai KKM. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan perangkat pembelajaran berupa RPP, LKS dan THB berbasis problem based learning dengan pendekatan saintifik pada materi Aritmetika Sosial untuk siswa SMP kelas VII yang berorientasi pada peningkatan hasil belajar. Prosedur pengembangan perangkat pembelajaran mengacu pada model pengembangan 4-D, yaitu Define (Pendefinisian), Design (Perancangan), Develop (Pengembangan), dan Disseminate (Penyebaran). Karena keterbatasan peneliti, penelitian dilakukan hingga tahap develop. Subjek Penelitian ini adalah siswa kelas VIIG SMP Negeri 9 Probolinggo. Instrumen yang digunakan untuk mengukur kualitas perangkat pembelajaran yang dikembangkan adalah lembar penilaian RPP, LKS dan THB untuk mengukur kevalidan, angket respons siswa dan lembar observasi keterlaksanaan pembelajaran untuk mengukur kepraktisan serta tes hasil belajar untuk mengukur keefektifan.